Wirawan dan Musdalifah Juara Duta Bahasa

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Jumat, 11 Mei 2018 - 14:38:16 WIB   |  dibaca: 365 kali
Wirawan dan Musdalifah Juara Duta Bahasa

JUARA : Para pemenang pemilihan Duta Bahasa Provinsi Banten tahun 2018 memegang piala, Rabu (9/5).

SERANG- Wirawan dan Ananda Musdalifah berhasil menyisihkan 48 finalis lain dalam Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Banten 2018. Keduanya dikukuhkan sebagai juara I Duta Bahasa Provinsi Banten 2018 dalam pemilihan yang berlangsung selama dua hari lalu yaitu Selasa-Rabu (8-9/5).


Kepala Kantor Bahasa Provinsi Banten Muhammad Luthfi Baihaqi mengatakan bahwa pada malam grand final Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Banten 2018, Rabu (9/5), Wirawan dan Ananda Musdalifah berhasil keluar sebagai juara I.

Wirawan merupakan mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara, sedangkan Ananda Musdalifah adalah mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Keduanya menjadi juara karena memiliki wawasan tentang kebahasaan dan kesastraan yang baik serta memiliki argumentasi baik saat menyampaikan pendapat.
“Mereka yang terbaik di antara peserta lain,” kata Luthfi.

Luthfi menyatakan bahwa sepasang juara I Duta Bahasa Provinsi Banten ini akan diikutkan dalam pemilihan duta bahasa tingkat nasional pada Agustus mendatang. Sebelum itu akan dilakukan pembinaan wawasan, pengetahuan, dan lainnya agar lebih baik.

Sebab dari sisi wawasan, keduanya masih harus ditambah karena akan bersaing dengan duta lain dari seluruh Indonesia. Selain itu penguasaan bahasa daerah yang masih kurang juga harus diperbaiki lagi. “Nanti kita akan libatkan dinas pariwisata, dinas kebudayaan, dan lainnya untuk membina mereka,” katanya.

Karena penilaian duta bahasa tingkat nasional nanti adalah satu pasang, maka kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh Wirawan dan Musdalifah harus bisa saling mengisi. Namun yang paling penting nanti adalah bagaimana mereka mampu berpendapat dengan baik dan mempertahankannya.“Harapannya mereka menjadi jembatan untuk meningkatkan pemartabatan bahasa Indonesia di ruang publik,” ujarnya.

Ketua Panitia Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Banten 2018 Anitawati Bachtiar mengungkapkan, selain memilih juara I juga dipilih sepasang juara II, III, dan juara favorit. Adapun juara II diraih oleh Ahmad Hamdani dan Dewi Nurpitriani (keduanya dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Juara III diraih Nugraha Seah Lai Heng dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dan Winda Dwi Apriliani Wijaya dari Universitas Pendidikan Indonesia. Adapun Duta Favorit diraih oleh Ahmad Saepudin dari UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten dan Dilla Priskayanti dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. (tohir)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook