Pemprov Didesak Segera Serahkan Tahura Carita

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Jumat, 11 Mei 2018 - 14:52:51 WIB   |  dibaca: 106 kali
Pemprov Didesak Segera Serahkan Tahura Carita

RAMAI : Sejumlah pengunjung memadati obyek wisata Tahura Banten di Desa Sukarame, Kecamatan Carita, kemarin.

PANDEGLANG – Pemkab Pandeglang mendesak Pemprov Banten untuk segera menyerahkan pengelolaan Tahura (taman hutan rakyat) ke Pemkab Pandeglang. Desakan ini muncul lantaran belum ada tanda-tanda Pemprov Banten menyerahkan pengelolaan Tahura sesuai putusan Dirjen Konservasi dan Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementrian Lingkungan Hidup tentang pengalihan wewenang pengelolaan Tahura dari Pemprov Banten ke Pemkab Pandeglang.


Sekda Pandeglang, Fery Hasanudin menjelaskan, ia sudah menginstruksikan DLH (dinas lingkungan hidup) Pandeglang untuk kembali menanyakan status pengelolaan Tahura Carita kepada pihak Provinsi Banten. "Nanti kita minta dinas terkait (DLH) untuk berkirim surat lagi. Sekarang kan Tahura kewenangan kota/kabupaten. Mudah-mudahan ada jawaban agar pengelolaannya diambil alih pemerintah daerah,"  kata sekda.


Plh Kepala DLH Pandeglang, Indah Dinarsiani  juga mempertanyakan kejelasan pengelolaan Tahura Carita yang hingga saat ini masih dikuasai pihak provinsi. Sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan pemerintah pusat  nomor S.244/KSDAE/KK/KSA/1/6/2016 dan berdasarkan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 bahwa pelaksanaan pengelolaan tahura menjadi kewenangan kabupaten/kota. "Sampai saat ini belum diserahterimakan ke kita (Pandeglang). Padahal, undang-undang itu sudah jelas tahura menjadi kewenangan Pandeglang," ungkap Indah, Rabu (9/5).


Indah mengklaim sudah beberapa kali mengirim surat ke pihak provinsi untuk menanyakan kewenangan pengelolaan Tahura Carita. Namun hingga saat ini belum ada jawaban. "Surat Ibu Bupati Pandeglang sudah beberapa kali. Koordinasi pun sudah sering kami lakukan. Sekarang tinggal bagaimana pemerintah provinsi untuk menindaklanjutinya. Kalau memang provinsi berkenan untuk menyerahkan, kami siap mengelolanya," ujarnya.


Asda Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Pandeglang ini pun kembali mempertegas jika pengelolaan Tahura Carita harus adanya kejelasan. "Disini memang perlu adanya ketegasan dari provinsi. Apakah masih akan tetap dikelola provinsi atau dialihkan ke pemkab. Sesuai undang-undang kan sudah menjadi kewenangan kabupaten," tegasnya.


Menurutnya, kawasan Tahura Carita berada di wilayah Pandeglang, sejatinya dikelola pemerintah daerah. Indah berharap kedepan Tahura Carita dikelola Pemkab Pandeglang agar bisa membantu dalam mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD). "Kita tidak bisa berbuat banyak. Hingga kini PAD yang masuk, pembangunan, dan pengelolaannya masuk ke provinsi," katanya. (yanadi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook