Pemkab dan Bakamla Teken Kerjasama

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Jumat, 11 Mei 2018 - 14:55:01 WIB   |  dibaca: 156 kali
Pemkab dan Bakamla Teken Kerjasama

DITEKEN : Bupatu Irna menandatangani MoU dengan Bakamla di Pendopo Pemkab Pandeglang, Rabu (9/5).

PANDEGLANG – Kabupaten Pandeglang memiliki garis pantai terpanjang di Provinsi Banten dan masih terbuka. Tidak jarang pula jalur laut ini kerap dipergunakan sebagai jalur tindak kejahatan dan kriminal. Untuk mengantisipasi kriminalitas melalui jalur perairan, Pemkab Pandeglang melakukan kerjasama pengamanan laut dengan Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia.


Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengatakan, ia belum memahami betul terkait pengamanan laut dan cara pengoptimalan pengelolaan laut. Adanya MoU dengan Bakamla, bupati berharap dapat pendampingan dari Bakamla agar laut Pandeglang terjaga dengan baik. "Perairan di Pandeglang harus aman, untuk itu kami menjalin kerjasama dengan Bakamla,” kata Bupati Irna Narulita usai penandatanganan kerjasama dengan Bakamla, Rabu (9/5) di Pendopo Pandeglang.


Tidak hanya keamanan, Bupati Irna juga berharap ada pembinaan khusus terkait pemahaman warga pesisir akan pentingnya keamanan laut dan ancaman yang kerap terjadi di laut. "Penting kiranya dalam pemberdayaan masyarakat pesisir untuk peningkatan sumber daya manusia di bidang keamanan dan keselamatan di laut," harapnya.


Deputi Informasi Hukum dan Kejasama (Inhuker) Bakamla, Irjen Pol Dr Abdul Gofur mengatakan, pihak Bakamala selain memiliki tugas sebagai keamanan laut juga memberikan pembinaan kepada masyarakat  mempunyai kesadaran dan kepedulian terhadap laut. "Sekarang kejahatan yang terjadi di negara ini banyak melalui jalur laut, seperti jaringan narkoba dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, bila ada hal atau isu kejahatan laut, sebagai daerah percontohan masyarakat di pesisir punya kesadaran. Sehingga masyarakat dapat memberikan informasi kepada Polres maupun Koramil setempat," katanya."Masyarakat pesisir dan nelayan kita akan berikan pelatihan bagaimana cara menyelamatkan diri jika terjadi hal yang mengancam, " imbuhnya.


Abdul Gofur menyampaikan, setelah dilakukan pengkajian, Kabupaten Pandeglang sangat potensial karena memiliki banyak pulau dan ada Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung. "Di Pandeglang ada 52 pulau dan ada KEK Tanjung Lesung, untuk itu Pandeglang harus aman," tutupnya. (muhaemin)

 

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook