Penyaluran Rasta Baru 70 Persen

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Jumat, 11 Mei 2018 - 14:58:32 WIB   |  dibaca: 151 kali
Penyaluran Rasta Baru 70 Persen

BONGKAR MUAT : Sejumlah pekerja melakukan bongkar muatan rasta di Desa Jatimulya, Kecamatan Rangkasbitung, Kamis (10/5).

RANGKASBITUNG - Penyaluran Beras Sejahtera (Rasta) pada April 2018 ternyata baru mencapai 70 persen dari total 106.232 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Lebak. Hal itu terjadi diklaim sebagai akibat dari faktor cuaca.


Kepala Bulog Subdivire Lebak, Sarjaka mengatakan, belum tercapainya penyaluran Rasta di bulan April karena terkendala oleh faktor cuaca. Sebab, penyaluran Rasta di Januari sudah mencapai 100 persen. "Di bulan Februari hingga Maret mencapai 100 persen. Sedangkan April baru 70 persen," katanya kepada Banten Raya, kemarin.


Sarjaka menjelaskan, penyaluran Rasta di bulan April terkendala cuaca hujan di wilayah Kabupaten Lebak. Dimana, kondisi medan jalannya tidak memungkinkan dilalui kendaraan yang mengangkut beras. "Intinya kalau dari desa sudah siap menerima bantuan Rasta. Di bulan Mei ini juga ada penyaluran," jelasnya.


Sarjaka menuturkan, penyaluran di bulan Mei dilakukan dua kali penyaluran. Artinya 30 persen KPM yang belum menerima pada April akan menerima dua kali di bulan Mei.
Jadi sambil berjalan. Sedangkan untuk bulan Juni penyaluran Rasta menunggu dari Kementerian Sosial," tuturnya.


Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Lebak Eka Darmana Putra mengatakan, jumlah penerima Rasta sebanyak 106.232 KK. "Per KK menerima 10 kilogram Rasta. Kalau perbulan berarti sebanyak 1.062.320 kilogram yang harus didistribusikan Bulog kepada KPM yang tersebar di 340 desa dan lima kelurahan di Kabupaten Lebak," katanya.


Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lebak Orok Sukmana menambahkan, penyaluran Rasta berpengaruh pada harga beras."Harga beras lebih stabil yang KW (Kwalitas) 3 di pasar berkisar Rp 8000-an. Mudah-mudahan penyaluran Rasta berjalan lancar dan mudah-mudahan tak naik lagi menjelang puasa Ramadhan," ucapnya. (purnama)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook