Kampung Lukis Resmi Jadi Destinasi Wisata Baru

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Jumat, 11 Mei 2018 - 15:18:40 WIB   |  dibaca: 609 kali
Kampung Lukis Resmi Jadi Destinasi Wisata Baru

DESTINASI WISATA : Plt Walikota Cilegon, Edi Ariadi akan memasuki tempat peresmian Kampung Kreasi Lukis yang berada di RT 04/09, Lingkungan Ramanuju Baru, Kelurahan/Kecamatan Citangkil, Rabu (9/5).

CILEGON - Kampung Kreasi Lukis resmi menjadi destinasi wisata baru di Kota Cilegon. Peresmian Kampung Kreasi Lukis dilakukan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Cilegon Edi Ariadi di Lapangan Voly Lingkungan Ramanuju Baru, Kelurahan Citangkil, Rabu (9/5) pagi.

Ketua RT 04/09, Kelurahan Citangkil, Sarjoko mengatakan, dengan diresmikannya Kampung Kreasi Lukis oleh Plt Walikota Cilegon, Ia berharap akan mendukung Pemerintah Kota (pemkot) Cilegon dari sector Pariwisata. Kampung yang Kreasi Lukis yang digagasnya bersama warga Ramanuju Baru tersebut, saat ini sekitar 97 rumah yang sudah dilukis. Ia menarget, per pekan dikunjungi 200 orang.


 "Saat ini per pekan sekitar 100 orang sudah berkunjung ke kampung ini, setelah diresmikan tentu kita berharap pengunjung bertambah. Dilukisnya sejak Desember 2017. Saat ini kurang 33 rumah lagi yang belum di lukis. Saya juga sangat berterima kasih, karena diresmikan langsung oleh Plt Walikota," katanya kepada Banten Raya, kemarin.

Plt Walikota Cilegon Edi Ariadi menjelaskan, peresmian Kampung Kreasi Lukis diharap dapat memberikan banyak manfaat dan simbol kebahagiaan bagi masyarakat di Lingkungan Ramanuju Baru. "Saya menyambut positif peresmian ini sebagai wujud nyata dari ide kreatif dan inovatif yang bisa menjadikan objek wisata baru di Lingkungan Ramanuju Baru yang akan menambah niali estetika keindahan," jelasnya.


Edi mengaku mendukung inovasi dari Lingkungan Ramanuju Baru sebagai Kampung Kreasi Lukis yang dapat meningkatkan sektor parawisata dan juga perekonomian masyarakat.
"Saya sangat mendukung adanya kampung lukis ini sebagai sektor parawisata juga perekonomian masyarakat sebagai alternatif wisata untuk memberikan kesadaran bagi masyarakat agar selalu mengutamakan keindahan dan kebersihan," harapnya.

Edi juga menginginkan agar ada kampung-kampun lain di Cilegon yang bisa menjadi kampung yang lingkungannya bersih dan menyenangkan. "Saya ingin masyarakat Kota Cilegon agar tidak bosan untuk menjaga kebersihan lingkungan supaya mencegah terjadinya bencana alam seperti banjir kemarin, oleh karea itu mudah-mudahan adanya kampung lukis ini dapat mendorong kesadaran masyarakat untuk hidup bersih dan selalu mengutamakan keindahan," ucapnya.

Selain itu, Edi juga berharap agar masyarakat Ramanuju Baru dapat terbantu perekonomiannya  dengan membuka usaha kecil di Lingkungan Ramanuju Baru. "Saya berharap supaya adanya kampung lukis di Ramanuju Baru ini dapat memotivasi masyarakat sekitar untuk memberikan peluang usaha dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan dapat menjadikan Kota Cilegon lebih baik lagi," pintanya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Cilegon Heri Mardiana berharap, ada kampung lain di Kota Cilegon yang dapat menjadi destinasi wisata baru seperti halnya Kampung Kreasi Lukis. Namun, dengan konsep yang berbeda. "Kami siap bantu untuk promosikan ini, dan pada APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Perubahan akan kami usulkan untuk anggaran perawatan. Kalau anggaran saat ini murni swadaya masyarakat, itu yang sangat kami apresiasi," ucapnya.


Pembina Kampung Kreasi Lukis, Nurrotul Uyun berharap, dukungan Pemkot Cilegon dalam pengembangan pariwisata yang dibangun dari masyarakat lebih maksimal lagi. "Seperti kampong kreasi lukis ini, kami minta Pemkot Cilegon bisa menyediak penunjuk arah dari tiga jalan, yaitu dari arah Jalan Protokol, dari arah Tol Cilegon Barat, dan dari arah Anyer untuk terpasang penunjuk arah," harapnya. (gillang)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook