Bupati Ingin Pandeglang Jadi Sentra Kedelai

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Senin, 14 Mei 2018 - 15:10:45 WIB   |  dibaca: 126 kali
Bupati Ingin Pandeglang Jadi Sentra Kedelai

MENANAM : Bupati Irna terjun langsung dalam Gertam Kedelai di Kampung Cicalung, Kelurahan Kadomas, Kecamatan Pandeglang, akhir pekan kemarin.

PANDEGLANG – Bupati Pandeglang, Irna Narulita berharap Kabupaten Pandeglang menjadi sen­tra atau pusat Kedelai, sehingga mam­pu memenuhi kebutuhan kedelai di Provinsi Banten dan DKI Jakarta. “Kita harus terus semangat optimalkan lahan tidur dengan gerakan tanam kedelai ini sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan para petani,” kata Irna disela-sela memimpin gerakan tanam (Gertam) Kedelai di Kampung Cicalung, Kelurahan Kadomas, Kecamatan Pandeglang, Jumat (11/5).


Gertam dilakukan bersama warga di atas lahan yang totalnya  mencapai 4 hektar. Bibit kedelai yang ditanam ini varietas gerobogan yang dikelola oleh Kelompok Tani (Poktan) Tunas Sejahtera.Irna juga mengatakan, Pemerintah Daerah dipercaya oleh Pe­merintah Pusat untuk me­nyuk­­seskan program bantuan padi, jagung dan kedelai (pajale).


Menurutnya, Pandeglang memiliki potensi lahan tanam yang sangat luas. “Oleh karena itu kita harus memiliki kemauan dan harapan untuk terus melakukan gerakan tanam, hal tersebut tentunya semata-mata untuk menyejahterakan para petani,” katanya.


Kepala Dinas Pertanian (Distan) Pandeglang, Budi Januardi mengatakan, gertam kedelai di Kadomas  dilakukan diatas lahan 4 hektar. Adapun target gertam di Kecamatan Pandeglang untuk tahun 2018, kata Budi mencapai 19 ribu hektar.

“Lahan ini tersebar diantaranya berada di Cadas, Kelurahan Pandeglang, dan Cicalung, Kelurahan Kadomas.”Menurut Budi, kedelai yang ditanam ini bisa menghasilkan 2 ton perhektarnya.“Semoga dengan gerakan tanam kedelai ini mampu memenuhi kebutuhan kedelai bagi masyarakat,” tutupnya. (muhaemin)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook