Kenaikan Harga Sembako Dinilai Masih Wajar

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Selasa, 15 Mei 2018 - 15:47:11 WIB   |  dibaca: 136 kali
Kenaikan Harga Sembako Dinilai Masih Wajar

DIDATA : Asda Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Pandeglang, Indah Dinarsiani (tengah) mendata harga kebutuhan pokok di Pasar Badak Pandeglang, Senin (14/5).

PANDEGLANG - Jajaran Pemkab Pandeglang melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Badak, Pandeglang, Senin (14/5).Sidak yang dipimpin Asda Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rak­yat Setda Pandeglang, Indah Dinarsiani itu untuk memastikan harga kebutuhan pokok dan pangan menjelang pua­sa Ramadhan.


Pantauan Banten Raya, Indah Dinarsiani sidak didampingi Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan ESDM Pandeglang, Andi Kusnardi dan Kepala Bagian Adminis­tra­si Perekonomian Setda Pan­deglang, Tatang Muhtasar.


Indah Dinarsiani memastikan harga kebutuhan pokok yang dijual para pedagang di Pasar Badak Pandeglang relatif stabil. ”Dari pantauan kami hari ini (kemarin_red) tidak ada kenaikan harga yang begitu signifikan. Adapun kenaikan beberapa ko­mo­diti tidak terlalu besar. Ma­sih kita anggap wajar, dan tidak ada persoalan yang se­rius,” kata Indah usai sidak.


Berdasarkan hasil sidak, har­ga daging sapi dari Rp 110 ribu menjadi Rp 105 ri­bu perkilogram (kg), telur ayam broiler dari Rp 24 ribu men­jadi Rp 25 ribu/kg, daging ayam dari Rp 34 ribu men­jadi Rp 35 ribu/kg, cabai me­rah besar dari Rp 50 ribu men­jadi Rp 55 ribu/kg, bawang merah dari Rp 35 ribu men­jadi Rp 28 ribu/kg, bawang putih dari 35 ribu men­ja­di Rp 34 ribu/kg, dan har­ga beras masih tetap Rp 10 ribu perliter.


Indah menjelaskan, peme­rin­tah daerah akan tetap me­­waspadai naiknya harga sem­bako saat memasuki bu­­lan puasa.Dia mengkhawa­tir­kan ada be­berapa pedagang menaikan harga seca­ra sepihak, se­hingga merugi­kan masya­ra­kat. Untuk itu, pihaknya akan ru­­tin melakukan pengawasan. ”Kami akan terus me­lakukan operasi pasar se­cara berkala untuk me­ngen­dalikan harga sembako se­bagai upaya memenuhi ke­butuhan pokok bagi mas­ya­rakat,” janjinya.


Kepala Dinas Perindus­trian Per­dagangan dan ESDM Pan­deglang, Andi Kusnardi me­nuturkan, dari hasil sidak masih ditemukan ada tiga kebutuhan pokok yang me­nga­lami kenaikan harga.Dia memastikan, kenaikan itu tidak terlalu parah dan akan kembali stabil. ”Memang untuk harga daging ayam, telur ayam, dan cabai merah naik. Tapi naiknya gak signifikan, masih terbilang stabil,” tuturnya.


Andi berjanji akan terus memantau pasar agar tidak ada pedagang yang menaikan harga secara sepihak. ”Untuk harga akan kita pantau setiap hari. Kami pastikan harga pangan maupun pokok tidak akan naik.” (yanadi)

 

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook