Harga Sembako Merangkak Naik

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Selasa, 15 Mei 2018 - 15:55:20 WIB   |  dibaca: 128 kali
Harga Sembako Merangkak Naik

MULAI NAIK : Seorang pedagang sembako dengan ramah melayani pembeli di Pasar Rangkasbitung, Senin (14/5).

RANGKASBITUNG - Memasuki bulan suci Ramadhan 1439 Hijriyah, sejumlah harga kebutuhan pokok atau Sembako di Pasar Rangkasbitung mulai merangkak naik.  Berdasarkan pantauan Banten Raya di Pasar Rangkasbitung, Senin (14/5) pagi, sejumlah kebutuhan masyarakat yang mengalami kenaikan diantaranya bumbu-bumbuan seperti bawang merah dari Rp Rp 30 Ribu naik menjadi Rp 34 ribu perkilogram, cabe merah kriting dari Rp 35 ribu menjadi Rp 40 ribu perkilogram, cabe merah besar Rp 60 ribu menjadi Rp 80 ribu perkilogram,

cabe rawit orange Rp 35 ribu menjadi Rp 40 ribu perkilogram. Selain itu, telur ayam negeri Rp 24 ribu naik menjadi Rp 25 ribu oerkilogram, daging ayam ras brolier dari Rp 35 ribu menjadi Rp 36 ribu perkilogram. Sedangkan daging sapi dan daging kerbaubelum mengalami kenaikan, namun para pedagangnya memprediksi akan mengalami kenaikan pada satu hari sebelum Ramadhan.


Ibu Rumah Tangga (IRT) asal Muara Ciujung Timur, Kecamatan Rangkasbitung, Sunarti mengatakan, sejumlah harga kebutuhan masyarakat yang diperjualbelikan di Pasar Rangkasbitung telah merangkak naik.

Bahkan, akibat mengalami kenaikan harga, maka uang yang dibawa dirinya saat berbelanja tidak bisa membeli beberapa jenis kebutuhan dengan jumlah yang banyak. "Saya kira, kenaikan harga kebutuhan baru akan terjadi sehari sebelum Ramadhan, ternyata hari ini (Kemarin-red) juga sudah mengalami kenaikan, sehingga uang yang saya bawa hanya cukup untuk membeli satu atau dua jenis kebutujan saja," kata Sunarti kepada Banten Raya, kemarin.


Rahmat, salah seorang pedagang sayur-sayuran dan bumbu-bumbuan di Pasar Rangkasbitung mengatakan, kenaikan sejumlah kebutuhan jenis bumbu-bumbuan yang dijualnya, karena harga dari distrubutornya sudah lebih dulu naik.

Maka dari itu, agar tetap mendapatkan keuntungan, maka dirinyapun menaikan harga ecerannya kepada para konsumen. "Saya juga tidak tahu kalo hari ini akan mengalami kenaikan harga. Saya baru tahu harga naik, setelah distributor sayuran dan bumbu-bumbuan memasok barangnya dinihari tadi (Kemarin-red)," katanya.


Menanggapi hal itu, Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lebak, Saepudin mengatakan, sejak beberapa hari terakhir ini memang permintaan konsumen terhadap berbagai kebutuhan menjelang ramadhan mulai mengalami peningkatan.

Oleh karena itu, dengan permintaan konsumen semakin tinggi, maka harga kebutuhan akan mengalami kenaikan. "Meski demikian, kami menilai kenikan pada sekumlah kebutuhan yang terjadi hari ini (kemarin-red) masih dibatas kewajaran," kata Saepudin. (hudaya)

 

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook