Dua Bulan, 25 Ribu Botol Miras Disita

nurul roudhoh   |   Hukum  |   Rabu, 16 Mei 2018 - 11:15:55 WIB   |  dibaca: 66 kali
Dua Bulan, 25 Ribu Botol Miras Disita

TERUS DISISIR : Kapolres Serang beserta jajaran dan Muspida Kota Cilegon melemparkan botol secara simbolis dalam pemusnahan miras, Selasa (15/5).

CILEGON – Kepolisian Resort (Polres) Cilegon memusnahkan 25.209 botol minuman keras hasil operasi penyakit masyarakat yang dilakukan selama dua bulan yakni Maret-April 2018 di halaman Mapolres Cilegon, kemarin.“Kami lakukan pemusnahan selain memang menjelang Ramadan, juga agar mempersempit peredaran miras. Agar masyarakat bisa fokus melakukan ibadah tanpa terganggu dengan kegiatan-kegiatan yang bisa merugikan warga seperti mabuk,” kata Kapolres Cilegon AKBP Rizki Agung Prakoso.


Rizki menambahkan, miras yang dimusnahkan adalah barang bukti yang sudah mendapatkan putusan hukum tetap atau inkrah dari Pengadilan Negeri Serang. Semua pemiliknya hanya dikenakan denda dari mulai Rp4 juta sampai Rp8 juta.

Hal tersebut karena pelanggaran mengedarkan miras hanya masuk kategori pidana ringan atau sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Kota Cilegon nomor 5/2001 tentang Pelanggaran Kesusilaan, Minuman Keras, Perjudian, Penyalahgunaan Narkoba, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya. “Semuanya dikenakan hukuman membayar denda dan angkanya bervariasi. Hal ini sesuai perda dan hanya masuk dalam kategori pidana ringan,” imbuhnya.


Rizki menjelaskan, masih ada ribuan botol miras yang disimpan oleh Polres Cilegon. Hal tersebut karena proses persidangan yang dilakukan masih berjalan, untuk itu, karena belum ada keputusan inkrah maka pihak kepolisian belum berwenang melakukan pemusanahan terhadap ribuan botol miras tersebut. “Masih ada beberapa ribu yang tersimpan. Nanti, akan dimusnakhan pada kesepatan berikutnya. Sebab belum ada hasil keputusan hukum tetap,” jelasnya.


Ketua Komisi I DPRD Kota Cilegon Subhi yang hadir dalam pemusnahan mengungkapkan, memberikan apresiasi kepada pihak Polres Cilegon yang telah melakukan pemusnahan dan mencoba konsisten memberantas kejahatan penyakit masyarakat.  "Kami percaya kepada pihak kepolisian untuk terus meningkatkan kerjanya dalam upaya memberantas penyakit masyarakat ini. Sebab, hal ini sangat merugikan. Disamping itu kami juga berharap bisa memberantasnya sampai dengan keakar-akarnya,” ungkapnya.


Selain miras, Polres Cilegon juga memusnahkan ratusan keping VCD porno, beberapa gram sabu dan ganja, termasuk juga obat kuat dan jamu ilegal.Pemusnahan miras juga dilakukan di Polres Serang Kabupaten yang memusnahkan 5.410 botol. Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan mengatakan pemusnahan barang bukti ini bagian dari agenda rutin yang sudah berjalan setiap tahunnya menjelang Ramadan. "Pemusnahan ini bagian dari komitmen kami untuk menjaga Kabupaten Serang yang dikenal sebagai daerah yang agamis," kata Kapolres. (darjat/uri)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook