Pemkab Kembangkan Kampung Durian

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Rabu, 16 Mei 2018 - 12:36:18 WIB   |  dibaca: 151 kali
Pemkab Kembangkan Kampung Durian

KEMBANGKAN AGROWISATA : Bupati Serang Rt Tatu Chasanah berfoto bersama Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Serang Fahmi Hakim (jongkok, ketiga dari kanan) serta masyarakat dan tim penyuluh pertanian usai menanam pohon durian di Kampung Cibawang, Desa Cibojong, Kecamatan Padarincang, kemarin.

SERANG - Pemkab Serang mengembangkan kampung durian di Kampung Cibawang, Desa Cibojong, Kecamatan Padarincang. Durian dikembangkan di atas lahan seluas 2 hektar. Selain itu, Pemkab Serang melalui dinas pertanian juga membagian 100 bibit durian kepada masyarakat sekitar untuk ditanam.


Kawasan ini akan terus dikembangkan menjadi kawasan agrowisata yang menjaring wisatawan dari Anyer. "Sementara kita berikan dulu 80 batang kepada masyarakat. Nanti kemudian kita menyusul lagi," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Serang usai penanaman perdana durian di Kampung Durian Cibawang, kemarin.


Durian yang dikembangkan beragam. Di atas lahan 2 hektare khusus dikembangkan durian sangsang yang merupakan pengembangan dari durian bawor, musangking, dan varietas lainnya. "Durian ini empat tahun yang akan datang insya Allah berbuah. Durian ini di Banyumas.

Satu pohon lima sampai enam meter bisa berbuah sampai 50 butir. Di sana (Banyumas) sekilonya bisa Rp70 ribu dengan kulitnya. Nah, satu buah itu bisa lima sampai sembilan kilogram. Tinggal bagaimana dinas perdagangan saja bisa memasarkannya," kata Nunung Syaifuddin, inisiator pembentukan kampung durian.


Nunung yang juga Direktur Kepolisian Perairan Polda Banten mengatakan bahwa ide kampung durian muncul dari perbincangan dengan salah satu rekannya bahwa durian di beberapa daerah sangat bisa meningkatkan ekonomi masyarakat. Nunung pun tertarik dan mengikuti pelatihan menanam durian di Kabupaten Banyumas.

Apalagi, Kabupaten Serang saat ini belum memiliki durian yang memiliki kekhasan lokal yang bisa membawa nama Serang. "Karena kecintaan saya ke ulama dan kakek saya, durian ini saya namakan durian sangsang.

Kakek saya namanya Abuya Sangsang. Saya memohon kepada Ibu Bupati dan dinas pertanian, masyarakat kita ini diarahkan, dibimbing agar kampung durian bisa terwujud empat lima tahun ke depan," tuturnya.


Bupati Serang Rt Tatu Chasanah yang hadir dalam acara tersebut mendukung pengembangan kampung durian tersebut. Salah satu yang akan dilakukan pihaknya adalah memperbaiki akses jalan menuju lokasi kampung durian. Dan memang, kata Ketua DPD Golkar Provinsi Banten ini, pembangunan jalan sudah menjadi prioritasnya dan sudah direncanakan dengan matang sampai di 2021 mendatang.


Selain kampung durian, Tatu juga meminta masyarakat untuk mengembangkan budidaya lain yang bisa meningkatkan pendapatan mereka. "Katanya di Cibojong ini ada yang budidaya sedap malam. Ini kalau bagus bisa dipakai untuk wisata," kata Tatu.


Tokoh masyarakat Kampung Cibawang Jarkasih mengatakan bahwa pembangunan jalan di wilayahnya sangat penting untuk mendistribusikan hasil pertanian. "Kami ini butuh jalan. Jalan minimal sampai perbatasan Kamping-Pematang Buah. Tapi minimal na sadibere na bae urang mah (minimalnya bagaimana diberinya saja). Ikhlas ridha yang penting setiap tahun selalu ada. Itu yang amat kami harapkan," katanya. (fikri)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook