Jam Kerja ASN Berkurang 5 Jam

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Kamis, 17 Mei 2018 - 11:56:52 WIB   |  dibaca: 107 kali
Jam Kerja ASN Berkurang 5 Jam

SERANG- Jam kerja Aparatur Negeri Sipil (ASN) berkurang 5 jam dalam seminggu, selama bulan Ramadan, bila dibandingkan bulan biasa. Hal itu sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) tentang jam kerja selama Ramadan.
 
Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusian (BKPSDM) Kota Serang Farach Richi mengatakan bahwa sesuai SE Menpan RB Nomor B.335/M.KT.02/2018 tertanggal 8 Mei 2018, selama Ramadan jam kerja ASN, TNI, dan Polri berubah.

Hari Senin sampai Kamis para ASN masuk pukul 08.00 dan pulang pukul 15.00. Jika bukan bulan Ramadan, ASN masuk pukul 07.30 dan pulang pukul 16.00. “Untuk hari Jumat, masuk kerja jam 08.00 sampai 15.30, dengan waktu istirahat 30 menit,” kata Farach, Selasa (15/5).

Untuk instansi pemerintah yang memberlakukan enam hari kerja, maka jam kerja dimulai pukul 08.00 samapi 14.00 dengan waktu istirahat pukul 12.00 sampai 12.30. Farach mengaku sudah menyampaikan SE Menpan RB tersebut kepada intansi di Kota Serang.

Farach mengungkapkan bahwa selama Ramadan pelayanan bagi masyarakat dilakukan seperti biasa. “Pak Walikota juga mengimbau kepada ASN jangan sampai pengurangan jam kerja ini membuat mereka bekerja santai tetapi harus lebih giat,” katanya.

Ia mengatakan bahwa guna mengantisipasi ASN yang malas-malasan dan tidak masuk kerja saat Ramadan, BKPSDM Kota Serang akan menginspeksi mendadak pada hari dan waktu yang tidak bisa disebutkan.

Sidak dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Selain itu Kota Serang juga sudah memiliki Sistem Informasi Absensi Pegawai dan Kinerja Harian ?(SIAPKEH) sebagai salah satu perangkat pengawasan terhadap ASN. “Dari sistem itu juga akan kita pantau para ASN," ujarnya.

Wakil Walikota Serang Sulhi berharap adanya pengurangan jam kerja tidak membuat ASN malas dalam bekerja. Sebaliknya kondisi saat berpuasa yang dikategorikan sebagai ibadah seharusnya mampu membuat ASN lebih semangat bekerja. Ia juga meminta agar para ASN tetap disiplin bekerja selama puasa Ramadan. "Datang tepat waktu begitu juga waktu pulang. Kalau belum waktunya pulang jangan pulang," katanya.

Kepada ASN muslim, Sulhi meminta agar menjalankan ibadah puasa dan memperbanyak ibadah dengan membaca al Quran, dzikir, dan lainnya. Bagi ASN non muslim, ia meminta agar tidak makan di tempat yang mencolok agar tidak mengganggu muslim yang sedang berpuasa.“Kepada pedagang warung makan dan restoran hendaknya tidak buka pada pagi dan siang hari, tetapi boleh mulai buka sore hari,” tuturnya. (tohir)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook