Cilegon Berpeluang Jadi Tuan Rumah

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Senin, 21 Mei 2018 - 11:20:14 WIB   |  dibaca: 400 kali
Cilegon Berpeluang Jadi Tuan Rumah

CILEGON - Asosiasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Seluruh Indonesia (Adeksi) berencana mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada September mendatang. Dua kota yang berpeluang menjadi tuan rumah Rakernas yakni Kota Cilegon, Provinsi Banten dan Madiun, Provinsi Jawa Timur.

Wakil Ketua Adeksi, Fakih Usman Umar mengatakan, pihaknya telah kedatangan perwakilan dari Sekretaris Nasional (Seknas) Adeksi pekan lalu. Kunjungan Seknas Adeksi ke Cilegon tersebut guna melakukan survey venue yang akan dijadikan tempat Rakernas September mendatang. "Saya tunjukkan ke sejumlah hotel yang bisa digunakan untuk Rakernas. Menurut saya Cilegon layak kok," kata Fakih kepada Banten Raya, Minggu (20/5).

Fakih yang juga sebagai Ketua DPRD Kota Cilegon ini menjelaskan, pada Rakernas nanti, sejumlah isu akan dibahas oleh ratusan peserta dari 93 DPRD Kota se-Indonesia, diantaranya tentang Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12/2018 Tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi/Kabupaten/Kota.

Ditambah lagi, pembahasan terkait dengan tata pengelolaan kota yang baik dan sebagainya. "Pada Rakernas nanti, sejumlah isu akan kami bahas secara serius, dantaranya tentang PP Nomor 12 tahun 2018 tentang Tatib DPRD, karena ini menyangkut tugas DPRD," jelas Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) ini.

Anggota Seknas Bidang Advokasi, Arif Arianto membenarkan bahwa telah melakukan survey kelayakan Kota Cilegon sebagai tuan rumah Rakernas Adeksi yang diselenggarakan September tahun 2018 ini. Namun, dirinya tidak memiliki kapasitas memberikan penilaian. "Saya hanya melakukan survey lapangan saja, kalau keputusan ada di dewan pengurus Adeksi di pusat," akunya saat ditemui di Kantor DPRD Kota Cilegon beberapa waktu lalu
.
Arif menjelaskan, dipilihnya Kota Cilegon sebagai salah satu calon tuan rumah Rakernas Adeksi, lantaran peran serta Ketua DPRD Cilegon Fakih Usman Umar dalam Adeksi yang cukup dominan. Ditambah lagi, lokasinya tidak terlalu jauh dari Jakarta sebagai Ibukota Negara dan Kota Cilegon merupakan salah satu kota industri di Indonesia.


"Pak Fakih sangat respons dengan Adeksi. Maka itu, dari hasil pembahasan di dewan pengurus, memerintahkan kami untuk survey apakah Cilegon dimungkinkan sebagai tuan rumah rakernas. Kesempatan untuk Cilegon jadi tuan rumah cukup terbuka lebar," jelasnya.


Ditegaskan Arif, jika dewan pengurus menetapkan Cilegon sebagai tuan rumah, maka akan ada 500 peserta yang akan mengikuti event tersebut dan telah direkomendasikan Hotel The Royale Krakatau sebagai tempat Rakernas Adeksi nanti. "Adeksi ini kan terdiri dari 93 DPRD Kota se-Indonesia, jumlah anggotanya sebanyak 500 lebih anggota Dewan. Rakernas Adeksi akan dilakkan setelah pembahasan perubahan anggaran selesai," tegasnya. (gillang)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook