Transaksi TKI Tembus Rp 7 Miliar

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Selasa, 22 Mei 2018 - 11:09:44 WIB   |  dibaca: 250 kali
Transaksi TKI Tembus Rp 7 Miliar

PARKIR KANTOR POS : Sejumlah kendaraan terparkir di halaman Kantor Pos Rangkasbitung.

RANGKASBITUNG - Nilai transaksi uang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Lebak yang dikirim melalui Western Union (WU) Kantor Pos Rangkasbitung ternyata menembus angka Rp 7 miliar setiap bulannya. TKI yang melalukan transaksi berasal dari Negara Uni Emirat Arab, Asean dan Amerika.


"Jumlah transaksi mencapai 1.800-1.900 setiap bulannya yang mencapai nominal Rp 7 miliar. Mencakup TKI di seluruh Kabupaten Lebak," kata Petugas Pelayanan Kantor Pos Rangkasbitung, Octaviana Nasution kepada Banten Raya, kemarin.


Octaviana menjelaskan, TKI yang melakukan transaksi berasal dari berbagai negara, diantaranya Uni Emirat Arab, Asean dan dari Amerika. "Mereka memilih jasa layanan western union karena prosesnya sangat cepat. Dari negara asal di kirim maka dalam lima menit sudah bisa ditarik," jelasnya.


Proses penarikan uang, tambah Octaviana, dapat dilakukan di bank terdekat maupun kantor pos cabang. Khusus di Kabupaten Lebak, banyak dilakukan di kantor pos cabang.
"Paling besar nilai transaksi dilakukan di Kantor Pos Cabang Malingping, Bayah. Mungkin warga setempat paling banyak menjadi TKI," tambahnya.


Diungkapkan Octaviana, nilai transaksi di WU akan mengalami kenaikan signifikan mendekati lebaran nanti. Kenaikannya bisa berkali lipat. "Setiap kali mau lebaran nilai transaksi akan mengalami kenaikan signifikan. Untuk sekarang ini masih normal," ungkapnya.


Octaviana menambahkan, laporan transaksi WU secara berkala rutin diminta oleh dinas terkait, khususnya dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lebak. "Sementara ini kita belum mendapatkan permintaan laporan transaksi WU dari dinas terkait. Biasanya suka datang meminta tapi kali ini belum ada yang datang," tambahnya.


Sementara itu, Warga Rangkasbitung, Supriyadi mengatakan, penarikan uang di kantor pos prosesnya cepet. "Lewat Kantor Pos gak ribet. Tinggal menunjukan KTP asli dan foto copy-nya lalu serahkan kepada petugas pos yang mengurus gak lama kemudian uang bisa langsung diterima," katanya. (purnama)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook