Dicari, Calon Ketua AFP Banten

nurul roudhoh   |   Banten Sport  |   Selasa, 22 Mei 2018 - 11:29:11 WIB   |  dibaca: 49 kali
Dicari, Calon Ketua AFP Banten

PRESTASI : Ketua AFP Banten Yosa Sayata (baju biru) berfoto bersama atlet futsal Banten yang berlaga untuk SEA GAMES beberapa waktu lalu.

SERANG – Sehubungan dengan berakhirnya  masa jabatan kepengurusan Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Banten yang diamanatkan oleh Asprov PSSI Banten, dalam waktu dekat akan digelar Kongres Pemilihan Ketua AFP Banten. Dalam hal ini, AFP Banten juga telah berkoordinasi dengan Federasi Futsal Indonesia (FFI).


“Saya sudah berkoordinasi secara lisan dengan Sekjen FFI Edhi Prasetyo terkait rencana kongres pemilihan ketua baru. Pada prinsipnya, FFI setuju dan mendukung pelaksanaan kongres yang didasari Statuta tentang AFP yang disahkan tahun 2015 lalu,” ujar Yosa Sayata, Ketua AFP Banten.


Dijelaskan,berdasarkan masukan FFI, proses pemilihan yang akan digelar adalah Kongres Pemilihan Ketua AFP karena dalam keorganisasian futsal tidak mengenal istilah musyawarah provinsi (musprov).

Kongres dengan agenda tunggal ini dibebankan langsung kepada Ketua AFP lama dengan cara membentuk kepanitiaan yang terdiri dari pengurus lama dan pemilik suara. Panitia bertugas mengundang para pemilik suara yang terdiri dari asosiasi futsal kabupaten/kota (AFK) dan klub peserta kompetisi Linus terakhir (tahun 2017). Ketua AFP yang lama, perwakilan Asprov PSSI serta FFI tak memiliki hak suara meski diharapkan hadir pada acara tersebut.


Sayangnya, di Provinsi Banten belum ada satu pun AFK yang resmi terbentuk. Dengan demikian, sesuai dengan aturan, hanya klub peserta Linus 2017 yang memiliki hak suara. Ada tujuh klub peserta Linus Banten 2017 yaitu Cilegon FC, Azzara Cilegon, Austy Tangsel, Garuda Pinang, GFC Kota Tangerang, Brothers FC dan Srikandi 18.


“Sebenarnya kami pernah menyarankan agar teman-teman di kabupaten/kota membentuk AFK namun masih mengandalkan komite futsal di askab/askot masing-masing. Padahal komite futsal dan AFK adalah dua hal yang sangat berbeda. Tapi tidak mengapa karena fenomena ini ternyata masih banyak terjadi di provinsi-provinsi lain di Indonesia. Karena itu, FFI juga berpesan agar program utama Ketua AFP Banten terpilih nanti adalah segera membentuk AFK di seluruh Banten,” papar Yosa.


Terkait dengan waktu pelaksanaan, Yosa berharap Kongres ini bisa digelar 6 Juni 2018 mendatang atau masih di bulan puasa. Dengan demikian, kepengurusan baru akan bisa mulai tancap gas menggelar kegiatan setelah lebaran. Kongres akan digelar di Kabupaten Tangerang mengingat sebagian besar pemilik suara berdomisili di Tangerang Raya.


“Para pemilik suara dan teman-teman di kabupaten/kota harap bersabar sambil menunggu panitia bekerja mempersiapkan segala sesuatunya. Yang penting nanti akan dikirimi undangan dan pemberitahuan mekanisme pencalonan serta pemilihan yang sesuai dengan statuta,” katanya lagi.


Secara pribadi, Yosa mengaku tak akan maju dalam pemilihan tersebut dengan alasan ingin memberikan kesempatan regenerasi. Dia berharap muncul calon-calon generasi muda yang paham dan punya komitmen membesarkan olahraga futsal di Banten. Yosa juga berharap prestasi futsal Banten ke depan akan lebih bagus lagi di tangan ketua baru.


Di bawah kepemimpinan Yosa, tim futsal putra Banten sebenarnya berhak lolos ke PON 2016 lalu meski akhirnya batal berangkat. Setahun kemudian, di Kejurnas Futsal  U 23, Banten masuk posisi 6 Besar Nasional. Selain itu, ada 6 pemain futsal putri Banten yang masuk timnas SEA Games Malaysia 2017 dan berhasil menyumbangkan perunggu untuk kontingen Merah Putih.(rbnn/wisnu)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook