Waspadai Makanan Berwarna

nurul roudhoh   |   Metro Tangerang  |   Selasa, 22 Mei 2018 - 12:36:33 WIB   |  dibaca: 269 kali
Waspadai Makanan Berwarna

HATI-HATI : Pedagang ikan asin menunggu pembeli di salah satu pasar tradisional di Kota Tangerang, kemarin.

KOTA TANGERANG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang mengimbau agar masyarakat tidak membeli atau mengonsumsi makanan sembarangan untuk buka puasa atau sahur. Biasanya, pada bulan puasa Ramadan banyak makanan berwarna-warni yang sangat menarik.


Kepala Dinkes Kota Tangerang, Liza Puspadewi mengatakan, masyarakat diminta menghindari makanan dengan warna yang mencolok serta makanan kaleng."Masyarakat harus terliti, jangan karena warna yang mencolok, dan menggiurkan, lalu dibeli. Jangan, harus teliti, karena khawatir pewarna buatan," katanya Liza.


Ia meminta, lebih baik masyarakat menyediakan sayur untuk makanan sahur yang lebih sehat. Sedangkan menu untuk buka puasa disarankan untuk meracik sendiri."Kalau meracik sendiri jangan yang mencolok seperti pacar cina. Buat saja dari buah-buahan lebih sehat," imbaunya.


Sementara untuk mewaspadai makanan mengandung formalin, Liza mengatakan, dapat dibedakan dari tekstur. Untuk tahu yang mengandung formalin akan memiliki tekstur agak keras dibanding tahun umumnya. "Sedangkan untuk ikan laut nampak dilihat dari kondisi yang agak membiru dan nampak tidak segar," jelasnya. (*/marjuki)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook