Makanan Layak Konsumsi Teregistrasi Dinkes

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Rabu, 23 Mei 2018 - 13:11:45 WIB   |  dibaca: 772 kali
Makanan Layak Konsumsi Teregistrasi Dinkes

WASPADA : Pedagang makanan atau takjil untuk buka puasa di Alun-alun Pandeglang menunggu pembeli, Selasa (22/5).

PANDEGLANG - Masyarakat Kabupaten Pandeglang diimbau untuk tidak membeli atau mengonsumsi makanan sembarangan, terutama saat bulan puasa yang banyak makanan mengandung zat pewarna. Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang telah meregistrasi makanan yang layak konsumsi ke beberapa produk makanan yang dijual di Pandeglang.


Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang, Mohamad Kabir meminta warga bisa mengecek makanan yang dibeli sudah terdaftar atau tidak. "Kalau makanan itu sudah ada tanda register dari kami, berarti layak untuk dikonsumsi. Makanan itu sebelumnya kita periksa sampelnya di labolatorium," jelasnya, di kantornya, Selasa (22/5).


Untuk mengantisipasi makanan berbahaya, Dinkes berencana membuat tim untuk melakukan pemantauan dan memastikan makanan yang dijual para pedagang di pasar. "Nanti tim ini turun ke bawah, seperti Pasar Badak atau Alun-alun Pandeglang mengecek bahan makanan yang dijual di sana bisa dikonsumsi, berbahaya atau tidak," ujarnya.


Menurutnya, pengawasan produk pangan yang beredar sebagai antisipasi banyaknya pangan beredar tidak memenuhi mutu saat bulan puasa, yang banyak dijual. "Pengawasan memang harus. Ini sebagai salah satu pencegahan agar kita terhindar dari makanan berbahaya," tegasnya.


Kabir mengatakan, hingga saat ini belum menemukan adanya makanan berbahaya, seperti makanan yang mengandung formalin dan boraks. Namun pihaknya meminta warga untuk tetap waspada. "Meski tidak ada laporan, kita harus bisa memilih makanan yang sehat. Sebelum membeli kita cek dulu makanan itu sehat atau tidak," kata Kabir.


Kepala Dinkes Pandeglang, Didi Mulyadi mengharapkan masyarakat bisa memilih makanan sehat dengan cara menghindari makanan dengan warna serta makanan kaleng. "Kita harus bisa membedakan mana makanan sehat dan tidak. Daya tahan tubuh kita harus dijaga. Kita ingin masyarakat mengkonsumi makanan sehat dan terhindar dari segala macam penyakit,” imbuhnya. (yanadi)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook