Budaya Tradisi Penting Didokumentasikan

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Rabu, 23 Mei 2018 - 13:32:07 WIB   |  dibaca: 308 kali
Budaya Tradisi Penting Didokumentasikan

WAWANCARA : Encop Sofia saat mengisi talk show di televisi lokal Banten Raya TV, Selasa (22/5).

SERANG- Budaya tradisi yang hidup dan berkembang di Banten perlu didokumentasikan untuk bahan pelajaran bagi masyarakat dan pengembangan ilmu pengetahuan. Salah satu bentuk dokumentasi itu bisa melalui artikel.


Menyadari akan hal itu, anggota DPRD Provinsi Banten Encop Sofia melalui relawan yang dimilikinya menggelar lomba menulis pengetahuan tradisional untuk mahasiswa STKIP Siitus Banten. Encop mengatakan bahwa tujuan lomba ini diharapkan tumbuhnya minat literasi di kalangan mahasiswa.“Banten punya pengetahuan tradisional terutama dalam tata cara mendidik anak. Itu perlu didokumentasikan, sehingga akan lestari dan menjadi pembelajaran,” kata Encop, Selasa (22/5).

Selain pengetahuan cara mendidik anak, budaya Banten juga kaya dengan permainan tradisional. Pengetahuan akan permainan tradisional ini juga penting didokumentasikan agar generasi saat ini yang akrab dengan gawai juga bisa bermain menggunakan permainan tradisional tersebut. Apalagi permainan tradisional memiliki fungsi sebagai olahraga dan melatih kekompakan anak.“Siapa tahu dari penulisan ini bisa diketahui permainan tradisional yang belum kita tahu atau minimal bisa mengingatkan kita pada permainan masa kecil dulu,” ujarnya.

Koordinator Rumah Relawan Encop Sofia Abdul Azis mengatakan bahwa tujuan lomba menulis ini adalah untuk meningkatkan tradisi menulis di kalangan mahasiswa, salah satunya budaya literasi. Sampai saat ini baru STKIP Situs Banten yang diajak kerjasama karena sesuai antara tema dengan jurusan yang ada di kampus di Cipocok Jaya tersebut.“Ke depan bisa berkembang ke kampus-kampus lain,” ujarnya.

Selain itu, tema lomba menulis ini juga sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Encop Sofia sebagai anggota DPRD yang duduk di Komisi V yang mengurusi masalah pendidikan. Azis menyatakan bahwa pengiriman karya akan berakhir pada 7 Agustus. Sementara pengumuman lomba akan dilakukan 17 Agustus di koran Banten Raya.“Akan ada hadiah uang pembinaan dan piagam penghargaan,” katanya.
 
Pembantu Ketua 3 Bidang Kemahasiswaan STKIP Situs Banten Asah Iskandar mengaku menyambut baik lomba menulis yang melibatkan kampusnya itu. Untuk mahasiswa lomba ini merupakan tantangan bagi mereka guna menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan, sehingga mereka akan tahu kualitas mereka dalam dunia literasi.“Kami insya Allah akan mengirimkan mahasiswa kami untuk ikut karena salah satu tugas mahasiwa adalah membaca dan menulis,” ujarnya. (tohir)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook