Pelayanan Publik 3 Dinas Dijadikan Percontohan

nurul roudhoh   |   Metro Tangerang  |   Rabu, 23 Mei 2018 - 13:52:57 WIB   |  dibaca: 117 kali
Pelayanan Publik 3 Dinas Dijadikan Percontohan

DINILAI : Tim KemenPAN RB saat melakukan penilaian pelayanan publik terhadap tiga dinas di Pemkot Tangsel, kemarin.

TANGSEL - Tim Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) mendatangi Pemkot Tangsel, Senin (21/5). Kedatangan mereka untuk melakukan penilaian pelayanan publik di tiga dinas yang ada di Pemkot Tangsel.


Kepala Bidang Koordinasi Pelayanan Publik Wilayah I Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemen PAN RB, Suyatno, menjelaskan, tim berkunjung untuk melihat pelayanan pokok baik di tiga dinas, yakni Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tangsel, Dinas Pelayanan Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangsel.

“Tahun 2018 ini ada tiga dinas di Tangsel yang akan dijadikan role model pelayanan publik, kita akan lakukan penilaian. Jika kinerjannya bagus akan masuk ke nasional, dan kalau belum bagus akan dilakukan pembinaan sehingga setara dengan pelayanan publik dunia,” ungkapnya saat melakukan penilaian di Kantor Disdukcapil Tangsel, di Cilenggang, Serpong.


Tim KemenPAN RB ini melakukan pembinaan pelayanan publik, dan evaluasi di Disdukcapil Tangsel. Harapannya, Disdukcapil Tangsel tidak kalah dengan Disdukcapil lainnya yang ada di Indonesia.


Dari kunjungan ke Disdukcapil, kata Suyatno, hasil yang didapat baik sekali juga belum, buruk pun tidak. “Penilaian ini akan ada skornya, dan diumumkan pada Oktober, kalau kinerjanya unggul akan dapat skor A, B, bahkan ada yang dapat terendah. Mudah-mudahan Tangsel tidak memalukan, walaupun baru pertama kali masuk evaluasi penilaian oleh KemenPAN RB,” jelasnya.


Dari hasil evaluasi, kata Suyatno, ada yang sudah baik, ada juga yang belum memenuhi standar pelayanan publik. “Nanti pada saat sosialisasi, akan kita sampaikan mana saja yang sudah bagus, dan mana saja daerah yang pelayanan publiknya harus ditingkatkan,” ujarnya.


Bagi yang belum baik, lanjutnya, Kementerian PANRB akan melakukan pendampingan. “Jika mereka sudah bagus bisa menjadi role model, kemudian bisa dicontoh oleh daerah lain,” paparnya.


Dia mencontohkan, persyaratan pelayanan publik yang baik, setidaknya memiliki standar pelayanan publik, maklumat pelayanan, dan sudah melakukan survei kepuasan masyarakat.
Kepala Bagian Organisasi pada Sekretariat Daerah Kota Tangsel, Novyar Rani mengatakan, penilaian ini dilakukan dalam rangka pelaksanaan standar pelayanan.Dalam sosialisasi ini terkiat sistem pelayanan publik, dan pengisian questioner dan diinput, sehingga tiga SKPD ini bisa menjadi role model di 2018 terkait pelayanan publik. (*/marjuki)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook