Disapu Angin, Pohon Beringin di Pendopo Tumbang

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Kamis, 24 Mei 2018 - 13:21:33 WIB   |  dibaca: 406 kali
Disapu Angin, Pohon Beringin di Pendopo Tumbang

DIBERSIHKAN : Petugas BPBD menggunakan gergaji mesin memotong bagaian-bagaian batang pohon beringin yang tumbang di Pendopo Pandeglang, Rabu (23/5).

PANDEGLANG - Pohon Beringin di halaman Pendopo Bupati Pandeglang tumbang dihantam angin, Rabu (23/5) sekitar pukul 03.00 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun, tumbangnya pohon yang telah berusia ratusan tahun itu mengakibatkan listrik, dan dua buah lampu taman rusak.


Kemarin, Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pandeglang masih berusaha momotong bagian batang pohon yang tumbang menggunakan gergaji mesin. Hingga saat ini, batang pohon masih berserakan di halaman pendopo karena belum sepenuhnya dibersihkan."Kejadiannya malam, saat angin kencang. Untungnya, tidak ada korban," kata Hendra, anggota Satpol PP yang bertugas di Pendopo Pandeglang.


Kasi Damkar, Kedaruratan, dan Logistik BPBD Pandeglang, Endan Permana mengatakan, sudah menerjunkan anggota dari semalam untuk membersihkan pohon yang tumbang tersebut. "Anggota kami sudah bertugas dari malam pas kejadian saja. Akibat pohonnya besar, susah untuk dibersihkan secara sekaligus, harus sedikit-sedikit," ungkapnya.


Dia memprediksi, pohon beringin yang roboh itu akibat kondisi bagian bawah pohon sudah rapuh, sehingga saat dihembus angin gampang tumbang. "Mungkin pohon itu usianya sudah ratusan, dan sangat tua. Sudah ada sejak beberapa ganti bupati. Makanya, sedikit saja ada angin kencang gampang roboh. Apalagi sekarang lagi musim angin disertai hujan," katanya.


Dari kejadian itu, Endan menghimbau masyarakat untuk mewaspadai keberadaan pohon tumbang. Dia meminta warga untuk melapor jika ada pohon yang harus ditebang. "Kalau ada pohon-pohon yang sudah tua, dan lapuk sebaiknya ditebang. Segera koordinasi kepada desa atau kecamatan. Nanti pihak dari sana untuk koordinasi dengan kami. Kalau ada laporan anggota kami akan turun ke lapangan," imbuhnya. (yanadi)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook