Izin PIRT Akan Dipermudah

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Kamis, 24 Mei 2018 - 13:35:52 WIB   |  dibaca: 676 kali
Izin PIRT Akan Dipermudah

INDUSTRI RUMAHAN : Pekerja membuat sate bandeng di industri rumahan (home industry), di Jalan Kiuju, Kaujon Tengah, Kelurahan Serang, Kota Serang, kemarin. Pemkot Serang akan mempermudah izin produk UKM dan rumah tangga agar tidak ada lagi produk home industry di pasaran yang tidak memiliki izin.

SERANG- Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Serang berjanji akan mempermudah izin bagi pengusaha yang memproduksi pangan industri rumah tangga, pasca ditemukannya belasan produk industri rumah tangga yang izinnya bermasalah. Ini dilakukan agar tidak ada lagi produk yang beredar di pasaran, tidak memiliki izin dan juga sebagai perlindungan Pemerintah Kota Serang pada usaha kecil.


Sekretaris DPMPTSP Kota Serang Wahyu Nurjamil mengatakan, sejauh ini belum mengetahui data pengusaha yang memproduksi, alamat tempat mereka memproduksi, serta jenis produknya dari pengusaha yang perizinannya bermasalah. Meski demikian melalui bidang pengawasan dan pengendalian yang ada, ia akan menginstruksikan agar menindak lanjuti masalah ini.“Rata-rata usahanya kan home industri ya,” ujar Wahyu, Rabu (23/5).


 Wahyu mengungkapkan bahwa bagi pengusaha usaha kecil mikro dan industri rumahan, DPMPTSP Kota Serang akan lebih mempermudah proses perizinan. Agar semua pengusaha usaha kecil mikro dan industri rumahan mengetahui perlunya pengurusan izin bagi usaha atau produk mereka, maka DPMPTSP Kota Serang akan lebih banyak melakukan sosialisasi aturan tersebut kepada para pelaku usaha.

“Kami akan minta kepada bidang penanaman modal agar menganggarkan sosialisasi tahun depan agar lebih gencar sosialisasi kepada pelaku usaha agar mereka mengerti setiap produk yang dijual harus punya izin,” katanya.


Kepala Bidang Pengawasan dan Pengendalian DPMPTSP Kota Serang Ambas mengaku baru mengetahui adanya penemuan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang tersebut. Dengan adanya temuan ini maka ia akan menindaklanjutinya.“Kita juga akan koordinasi dengan disperindag,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, Dinkes Kota Serang menggelar pemeriksaan makanan di pasar modern Giant Sempu. Hasilnya ditemukan ada belasan produk yang izinnya belum diperpanjang, bahkan ada yang belum memiliki izin dari DPMPTSP Kota Serang. Bahkan ada juga yang seharusnya memiliki izin dari DPMPTSP Kota Serang tetapi mengurusnya ke BPOM. Padahal, segala macam izin saat ini hanya dikeluarkan oleh DPMPTSP Kota Serang, sedangkan organisasi perangkat daerah yang berkaitan hanya memberikan rekomendasi. (tohir)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook