14 Motif Batik Pandeglang Dipatenkan

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Kamis, 24 Mei 2018 - 15:24:06 WIB   |  dibaca: 593 kali
14 Motif Batik Pandeglang Dipatenkan

PATEN : Kepala Kantor Kemenkum HAM Banten Dewa Putu Gede menyerahkan tanda terdaftar 14 motif batik Pandeglang ke Bupati Irna di Pendopo Pemkab Pandeglang, kemarin.

PANDEGLANG - Empat belas motif batik Kabupaten Pandeglang resmi terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Motif batik yang dipatenkan itu yakni motif Pandeglang Berkah, Lumampah, Tawadhu, Jojorong Sapasung, Kaceprek Sapalengpeng, Kadu Sakangkot, Gula Kaung Sakojor, Rampak Bedug, Taleus Sabeuti, Pandan Sadapur, Puteuy Sapapan, Jengkol Sapalekpek, Leuit Salisung, Pare Sapocong, Badak Sacula, Kacapi Saruntuy, dan Cangkaleng Sasiki.

Kepala Kantor Kemenkum HAM Banten Dewa Putu Gede mengatakan, salah satu tugas Kemenkum HAM mendorong seluruh daerah agar mendaftarkan hak kekayaan intelektual daerahnya. "Jika sudah diklaim oleh daerah lain, bukan salah mereka (yang mengklaim-red), karena kita yang terlambat mendaftarkan untuk memperoleh legalitas," katanya.

Mendaftarkan hak cipta dari suatu merek menurut Dewa Putu Gede sangat penting untuk melindungi aset kreatif yang  dimiliki. "Silakan daftarkan sebanyak-banyaknya, mungkin ada produk unggulan kopi, gula, kolang kaling dan lain-lain. Jika memang di daerah lain ada, namun ada nama tersendiri sebagai pembeda misalnya kolang kaling si cula satu itu bisa didaftarkan," jelasnya dalam pertemuan dengan Bupati Pandeglang Irna Narulita di Pendopo, Rabu (23/5).

Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, mendaftarkan hak kekayaan intelektual sangat Penting khususnya motif batik di Pandeglang yang penggunanya lumayan banyak. "Pengrajin kami banyak sekali hampir 70 motif mereka hasilkan,  ini yang didaftarkan baru 14 motif, nanti sisanya bisa menyusul," katanya.

Motif batik Pandeglang menurut Irna sangat beragam. Ia meyakini, melestarikan akar budaya adalah tugas seluruh komponen bangsa di antaranya yang dituangkan dalam sebuah motif batik. "Sehingga orang bisa tau akar budaya yang ada di daerah Pandeglang, jika tidak dilestarikan bisa saja akan punah," tambahnya.

Dalam kesempatan itu Irna berharap, tidak hanya batik yang dipatenkan, namun produk unggulan Pandeglang yang lainnya. "Banyak produk unggulan kami baik kerajinan maupun buah - buahan lokal yang memang asli pandeglang sehingga tidak di klaim daerah lain," harapnya. (muhaemin)

 

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook