Keuangan Diaudit, Baznas Cilegon Kembali Raih Opini WTP

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Kamis, 24 Mei 2018 - 15:48:01 WIB   |  dibaca: 636 kali
Keuangan Diaudit, Baznas Cilegon Kembali Raih Opini WTP

Penyerahan laporan berkas hasil audit kepada pengurus Baznas Kota Cilegon di Sekretariat Baznas Kota Cilegon, Rabu (23/5).

CILEGON - Laporan Keuangan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Cilegon kembali diaudit oleh auditor independen dari Kantor Akuntan Publik Drs Soewarno, Ak dari Jakarta. Hasilnya, tim auditor beropini laporan keuangan tersaji secara wajar dalam semua hal yang material sehingga posisi keuangan Baznas Kota Cilegon per tanggal 31 Desember 2017 dan 31 Desember 2016 serta perubahan dana dan arus kasnya untuk tahun yang berakhir pada tanggal tersebut, dinyatakan sesuai dengan standar akuntansi keuangan di Indonesia.


"Semua transaksi dibukukan dengan baik dan laporan keuangan setiap bulannya sudah baik. Tak ada angka atau transaksi yang direkayasa. Semuanya sesuai dengan realisasi yang ada," ujar Rizqon, auditor independen dari Kantor Akuntan Publik Drs Soewarno, Ak saat penyerahan berkas hasil audit laporan keuangan Baznas Kota Cilegon di Kantor Sekretariat Baznas Kota Cilegon, Rabu (23/5).


Rizqon menambahkan, meski sudah tersaji secara wajar tanpa ada pengecualian (WTP) namun pihaknya menyarankan agar Baznas Kota Cilegon mampu memenej kegiatan operasional lebih baik lagi."Supaya kedepannya tidak berpengaruh negatif dalam pelaporan keuangannya. Sampai saat ini semuanya sudah baik hanya harus terus dibuat lebih baik lagi," katanya.


Wakil Ketua Bidang Keuangan Baznas Kota Cilegon Yayat Supriyadi menyatakan pihaknya sangat bersyukur atas hasil penilaian laporan keuangan yang telah dikeluarkan Kantor Akuntan Publik Drs Soewarno, Ak."Semua pekerjaan dan tanggung jawab yang kami jalankan sebagai pengurus tidak sia-sia dengan adanya opini WTP ini," tuturnya.


Meski begitu, lanjut Yayat, seluruh pengurus Baznas Kota Cilegon akan terus berkomitmen dan menjaga amanah lebih baik lagi. Menurutnya, apa yang dilakukan pengurus Baznas Cilegon harus dipacu lagi semangat dan kinerjanya agar bisa lebih optimal.


"Kami sangat takut terjadi penyimpangan makanya kami minta laporan keuangan kami diaudit secara transparan oleh tim auditor independen. Alhamdulilah hasilnya melegakan meski yang baik itu belum tentu optimal. Makanya kami akan terus melakukan koreksi demi hasil yang lebih optimal," ucapnya.


Kepala Sekretariat Baznas Kota Cilegon M Imron mengungkapkan, pemeriksaan laporan keuangan Baznas Kota Cilegon telah dilakukan selama empat kali dan semuanya menghasilkan opini WTP.

Sebelum diperiksa auditor bersama Baznas Kota Cilegon terlebih dahulu melakukan uji petik ke beberapa lokasi penyaluran dana."Apa yang dikerjakan oleh kami semuanya untuk umat. Dana yang diamanahkan kepada kami adalah dana dari umat dan kembali untuk umat. Makanya dalam mengelolanya kami merasa perlu adanya pendampingan dari tim audit yang independen," jelasnya.


Untuk itu, Imron mengimbau kepada masyarakat Kota Cilegon agar tidak ragu membayar zakat, infak, dan sedekah (ZIS) melaui Baznas Kota Cilegon."Bagi yang ingin menyalurkan ZIS dapat menghubungi atau datang langsung ke Kantor Sekretariat Baznas Kota Cilegon di Komplek Ruko Metro Cilegon blok A1 no 24, Jl Bojonegara, Kelurahan Panggung Rawi, Kecamatan Jombang atau bisa cari informasinya dengan menelpon ke 0254-7815812," katanya.


Bagi yang ingin menyalurkan dana melalui transfer rekening, lanjut Imron, dananya bisa di transfer melalui beberapa rekening milik Baznas Kota Cilegon yaitu bank BJB Cilegon 028.001.005532, BPRS Cilegon Mandiri 111.01000381, Bank Syariah Mandiri 7003360355 untuk zakat, Bank Syariah Mandiri 7003364652 untuk infak, Bank Muamalat Cabang Cilegon 0172859509, dan Bank BJB syariah 509.0301003111. (danang)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook