Pemkot Dukung Pembayaran Zakat Serentak

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Jumat, 25 Mei 2018 - 12:17:49 WIB   |  dibaca: 310 kali
Pemkot Dukung Pembayaran Zakat Serentak

BAYAR ZAKAT : Plt Walikota Cilegon Edi Ariyadi dan Sekda Kota Cilegon Sari Suryati membayarkan zakat di Baznas Kota Cilegon di aula Setda II Kota Cilegon, Kamis (24/5).

Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon mendukung sepenuhnya program pembayaran zakat serentak bagi pimpinan daerah, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Cilegon melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Cilegon. Dengan adanya acara tersebut diharapkan sebagai pimpinan mampu memberikan teladan kepada para bawahan, sehingga bisa juga melakukan pembayaran zakat melalui Baznas Kota Cilegon.  


Pelaksana tugas (Plt) Walikota Cilegon Edi Ariadi mengatakan, bukan hanya untuk diteladani bawahan, keteladanan mensegerakan membayar zakat oleh para pimpinan juga diharapkan bisa diikuti oleh warga masyarakat, sehingga potensi zakat bisa terus berkembang.

 "Kami mengapresiasi dan mendukung dengan adanya konsep pembayaran zakat para pimpinan daerah secara serentak. Kami harap ini menjadi teladan bagi warga untuk juga mensegerakan membayar zakat, khususnya zakat mal," katanya kepada Banten Raya usai memberikan sambutan dalam acara pemberian zakat serentak di aula Sekretariat Daerah (Setda) II Kota Cilegon, Kamis (24/5).


Edi mengungkapkan, potensi zakat harus terus digali secara maksimal, sehingga zakat menjadi kekuatan ekonomi warga. Dengan zakat berbagai persoalan sosial seperti kemiskinan dan keterbelakangan bisa teratasi. Diharapkan juga potensi tersebut bisa dipadukan dengan program Pemkot Cilegon yang sama-sama bertujuan mensejahterakan warga.

 "Banyak sudah hal yang dilakukan oleh Baznas Kota Cilegon dalam rangka membantu warga, salah satunya adalah bantuan pendidikan dan bantuan sosial, bahkan belum lama ini Baznas telah memberikan honor bagi pemandi jenazah. Artinya, kami harap bisa terus potensinya digali dan disergikan," ungkapnya.


Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Baznas Kota Cilegon, Yayat Supriyadi menjelaskan, keteladanan membayar zakat yang dilakukan oleh pimpinan Kota Cilegon seperti walikota dan kepada OPD bukan hanya mensegerakan membayarnya saja. Namun, pembayaran juga dilakukan melalui Baznas sebagai lembaga resmi yang mengelola zakat tersebut.

Saat pembayaran zakat Plt Walikota Cilegon Edi Ariadi memberikan 20 juta, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cilegon Sari Suryati sebesar 10 juta dan sisanya diharapkan Kepala OPD masing-masing minimal 5 juta. "Warga sebenarnya sudah banyak yang bayar. Namun menyalurkannya masih sifatnya perorangan. Kami harap dengan adanya Plt Walikota Cilegon dan Sekda yang membayar zakatnya melalui baznas, bisa menjadi contoh," jelasnya. (uri)  

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook