Hibah Ponpes Mulai Cair

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Jumat, 25 Mei 2018 - 14:11:18 WIB   |  dibaca: 179 kali
Hibah Ponpes Mulai Cair

SAFARI RAMADAN : Gubernur Banten Wahidin Halim (berdiri) saat menggelar safari Ramadan di Ponpes Ashabul Maimanah, Desa Kemanisan, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, Rabu (23/5). Selain safari Ramadan, dalam kesempatan itu juga disalurkan hibah ponpes.

SERANG – Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) Provinsi Banten memastikan hibah untuk 3.122 pondok pesantren (ponpes) se-Banten sudah bisa dicairkan. Dana segar itu ditargetkan sudah sepenuhnya didistribusikan sebelum hari raya Idul Fitri 1439 hijriah.

Sekretaris Jenderal FSPP Provinsi Banten Ali Mustofa mengatakan, setiap tahapan verifikasi hingga tahap akhir persiapan penyaluran berjalan tanpa ada kendala. Dengan demikian, penyaluran hibah bisa dilakukan sesuai jadwal, yaitu saat Ramadan.


“Alhamdulillah tahap pertama di Kabupaten Serang sudah ya. Kemarin (Rabu, red) dibagikan ke 651 ponpes se-Kabupaten Serang. Rencana besok (hari ini, red) ke Kota Tangerang, di sana cuma 70 ponpes,” ujarnya saat dihubungi Banten Raya, Kamis (24/5).


Ia menjelaskan, bantuan tersebut akan diberikan ke seluruh ponpes di Banten yang masuk dalam pangkalan datanya dan sesuai dengan pengajuan awal dengan jumlah 3.122. Terfasilitasinya seluruh pengajuan dikarenakan mereka mampu memenuhi seluruh persyaratan sebagai calon penerima hibah sesuai Peraturan Menteri Agama (PMA).


“Semua. Kuota 3.122 itu semua kita penuhi. Pembagiannya dilakukan melalui kegiatan safari Ramadan gubernur bersama FSPP. Kami berkeliling ke delapan kabupaten/kota, sekaligus mempererat tali silaturahmi,” katanya.


Untuk teknis pencairan, kata dia, diberlakukan mekanisme pemindahbukuan ke rekening masing-masing ponpes melalui Bank Banten. Bantaun diberikan secara sekaligus dengan nilai Rp20 juta per ponpes.“Lewat rekening pemindahbukuan, jadi mereka nanti setelah dibagi buku (rekening) bisa ke Bank Banten. 8 Juni targetnya semua sudah. Per pondok Rp20 juta,” paparnya.


Sebelumnya diungkapkan Ali, saat melakukan proses verifikasi, banyak ponpes yang justru mendaftarkan diri sebagai calon penerima hibah. Akibatnya, jumlah ponpes menjadi bertambah ke angka sekitar 4.000an.


Ali mengaku, wajar saja dengan adanya penambahan tersebut karena bukan tidak mungkin ada yang terlewat saat pendataan awal. Adapun kemungkinan lainnya, ada ponpes yang enggan didata dan baru bersedia setelah Pemprov Banten menggulirkan hibah ponpes.


“Yang sekarang sih targetnya yang 3.122 itu, yang lain kebijakannya kita tampung, kita ajukan lagi ke pemprov sesuai arahan Pak Gubernur agar semua ponpes terfasilitasi,” ungkapnya.
Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Banten Irvan Santoso mengatakan, hibah ponpes diberikan tersebar di delapan kabupaten/kota se-Banten.

Dana bantuan tersebut disalurkan langsung ke nomor rekening masing-masing ponpes yang disalurkan melalui Bank Banten. "Dana tersebut untuk operasional, sarana prasarana dan modal kewirausahaan. Total kami sediakan Rp66,2 miliar," tuturnya. (dewa)

 

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook