Tingkatkan Referensi dengan Budaya Literasi

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Senin, 28 Mei 2018 - 13:27:47 WIB   |  dibaca: 572 kali
Tingkatkan Referensi dengan Budaya Literasi

BUKBER : Sejumlah pengurus, anggota dan peserta talk show literasi foto bersama usai mengikuti kegiatan yang dilanjutkan buka puasa bersama, kemarin.

SERANG - Imam Tarmidzi Taher, Ketua Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) mengungkapkan, budaya literasi dikalangan mahasiswa perlu ditingkatkan, agar semakin menajamkan daya kritis intelektualnya dengan referensi.


"Agar, intelektualitasnya tidak kosong, terlebih sekarang ini sudah masuk pada era teknologi informasi yang memudahkan dunia literasi," katanya saat acara Talk Show Literasi, Tamatan Kitab dan Bukber PMII Untirta di Sekretariat PW NU Banten, Sabtu (26/5).


Dalam kesempatan Talk Show Literasi yang mengusung tema 'Khasanah Budaya Literasi Untuk Kesejahtaraan', dihadiri para pustakawan Provinsi Banten. Aip Rohadi, Puspita Kusumawardani dan Indra Hermawan.


Indra Hermawan atau yang akrab dikenal Mang Indra mengatakan, akses literasi begitu mudah dewasa ini. "Sudah dipermudah dengan adanya akses digital yang begitu mudah, semua sudah ada disistem digital, itu adalah sisi positif dari adanya kemajuan teknologi informasi atau dunia digitalisasi yang begitu pesat," katanya.


Puspita Kusumawardani, menyampaikan, perlu adanya daur ulang informasi. Proses daur ulang informasi sebenarnya sudah dilakukan dikalangan mahasiswa, contohnya proses dalam penyatuan informasi banyak sumber atau peringkasan informasi dari sebuah sumber yang masih abstrak.


“Model daur ulang informasi yaitu infografis. Infografis adalah daur ulang informasi yang dibuat dengan desain grafis dan menjadikan informasi yang abstrak menjadi lebih menarik," pungkasnya. (satibi/mg-basyar)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook