Empat Bom Diledakan di Pantai Anyer

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Kamis, 31 Mei 2018 - 13:03:22 WIB   |  dibaca: 260 kali
Empat Bom Diledakan di Pantai Anyer

MISI PENYERBUAN TERORIS : Panglima Komando Armada 1 Laksamana Muda TNI Yudo Margono (kedua dari kanan) memimpin misi penyerbuan teroris di Pesisir Pantai Anyer, Kabupaten Serang, Rabu (30/5). Suasana penyematan brevet kehormatan (foto ini)

SERANG -Panglima Komando Angkatan Armada (Pangkoarmada) I TNI Angkatan Laut Laksamana Muda Yudo Margono diangkat sebagai warga kehormatan manusia katak yang ditandai dengan penyematan Brevet Kehormatan oleh Komandan Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) I Kolonel Laut (P) Baroyo Eko Basuka di Pantai Patra Anyer, Kabupaten Serang, Rabu (30/5).

Berdasarkan pantauan Banten Raya, sebelum menerima Brevet Kopaska, Pangkoarmada I bersama dengan Satuan Komando Pasukan Katak Koarmada I terlebih dahulu melakukan tahapan ujian sebagai prajurit pasukan katak, dengan melaksanakan simulasi penghancuran musuh yang berada di Pantai Anyer.

Sebelum melaksanakan operasi penghancuran musuh, Pangkoarmada I melaksanakan Maritime Interdiction Operation (MIO), Visit Board Search and Seizure (VBSS) di kapal sasaran yang berada di perairan Banten. Selanjutnya, dilakukan pendaratan pantai dan melaksanakan Pandu Udara tim 3 yang diakhiri dengan ledakan 4 buah bom yang dipasang di sekitar pantai.

Pangkoarmada I Laksamana Muda Yudo Margono mengatakan, penyematan brevet kehormatan manusia katak kepada perwira tinggi di lingkungan TNI atau TNI AL merupakan salah satu tradisi Kopaska TNI AL melalui sebuah upacara tradisi khas.

"Penyematan brevet ini sebagai wujud penghargaan tertinggi dari kopaska TNI AL kepada pejabat tinggi TNI yang telah memberikan darma bakti dan sumbangsih berupa pikiran, tenaga, dukungan, rasa simpatik dan moril untuk perkembangan dan kemajuan kopaska TNI AL dimasa lalu, saat ini dan masa yang akan datang," katanya kepada Banten Raya, kemarin.

Menurut Yudo, brevet merupakan tanda kecakapan dan kemampuan yang berikan kepada prajurit yang memiliki kemampuan spesialisasi khusus dengan menempuh pendidikan dan sekolah dalam kurun waktu tertentu.

"Kegiatan hari ini dilanjutkan dengan sertijab Dansatkopaska Koarmada I dari Kolonol Laut (P) Baroyo Eko Basuka kepada Letkol Laut (P) Johan Wahyudi dan Danlanal Banten dari Kolonel Laut (P)) Rudi Haryanto kepada Kolonel Laut (P) Baroyo Eko Basuka," ujarnya.

Kepala Dinas Penerangan Koarmada I Letkol Laut (P) Agung Nuroho mengatakan Komando Pasukan Katak bertugas melakukan peledakan bawah air, termasuk penyerangan rahasia ke kapal lawan dan sabotase pangkalan musuh, penghancuran instalasi bawah air, pengintaian dan sejumlah tugas lainnya."Jika tidak sedang ditugaskan dalam suatu operasi, tim Paska dapat ditugaskan menjadi pengawal pribadi VIP seperti presiden dan wakil presiden," katanya. (darjat)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook