Tiketing Pelabuhan Merak Jadi Manual

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Sabtu, 02 Juni 2018 - 11:56:39 WIB   |  dibaca: 356 kali
Tiketing Pelabuhan Merak Jadi Manual

KEMBALI JADUL : Kendaraan antre membeli tiket kapal di area Tol Gate Pelabuhan Merak, Jumat (1/6). Sistem tiketing kini berubah menjadi manual.

CILEGON - Sistem penjualan tiket di Pelabuhan Merak berubah. Hal tersebut disebabkan habisnya kontrak pengelola sistem tiketing yaitu PT Mata Pensil Globalindo. Direktur Operasi dan Teknik PT ASDP Indonesia Ferry La Mane mengatakan, sistem tiketing di Pelabuhan Merak yang sejak tiga tahun lalu dikelola oleh PT Mata Pensil Globalindo, kini dikelola langsung

PT ASDP Indonesia Ferry. Kontrak PT Mata Pensil Globalindo tidak lagi diperpanjang lantaran tidak ada kesepakatan antara kedua belah pihak dalam pembahasan lanjutan kontrak beberapa waktu lalu. PT Mata Pensil Globalindo, lanjut La Mane, telah habis kontrak dengan PT ASDP Indonesia Ferry per 31 Mei 2018. “Meski ada perubahan pelayanan, kami berharap saat arus mudik pekan depan dapat berjalan lancar,” katanya.


La Mane mengatakan, secara umum, pembelian tiket bagi pengguna jasa penyeberangan tidak ada perbedaan alur. Hanya saja, untuk tiket kendaraan barang berubah menjadi manual karena ASDP belum memiliki alat sensor otomatis. “Jadi penentuan golongan kendaraan saat ini kembali manual, tapi tetap petugas kami sudah terbiasa membedakan golongan kendaraan jadi sudah hafal dan tidak ada masalah,” jelasnya.


La Mane berjanji akan mengawasi ketat penjualan tiket untuk menghindari kecurangan. “Jika oknum dari ASDP akan kami pecat. Kalau stakeholder lain akan kami tindak tegas sesuai hukum. Kami juga punya sistem pemantauan yang langsung tersambung ke ASDP pusat,” katanya


La Mane menambahkan, pelayanan pembelian tiket di Pelabuhan Merak saat ini sekitar 20 sampai 24 detik saja. Sehingga, Ia optimis jika saat arus mudik nanti antrean kendaraan bisa diminimalisasi. “Meski bagi ASDP pelayanan ini baru, tapi segala infrastruktruk dan SDM (Sumber Daya Manusia) kita sudah siap. Segala data kendaraan dan penumpang akan tercatat dalam sistem kami. Sistem seperti juga sudah diberlakukan terlebih dulu di Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk,” imbuhnya.


Kepala Cabang PT Mata Pensil Globalindo Merak Edo Yuniar mengatakan, segala peralatan milik PT Mata Pensil Globalindo yang terpasang di area Pelabuhan Merak mulai dikemasi. Mulai 1 Juni 2018, pihaknya tidak lagi mengelola tiket di Pelabuhan Merak. “Itu karena tidak ada kesepakatan dua pihak untuk kelanjutan kontrak kami dengan  ASDP,” ujarnya.


Edo mengklaim jika pelayanan yang dilakukan oleh pihaknya sudah cukup baik. Bahkan, semuanya sudah secara elektronik. Seperti halnya data manifest penumpang, penentuan golongan kendaraan, semua sudah otomatis. “Nah saat ini ketika dikelola ASDP penentuan golongan kendaraan berubah ke manual, karena kami punya alat itu dan ASDP tidak,” tutupnya. (gillang)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook