Harga Ikan Laut Naik

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Senin, 04 Juni 2018 - 11:32:13 WIB   |  dibaca: 60 kali
Harga Ikan Laut Naik

MELAYANI PEMBELI : Pedagang ikan laut di Dermaga Teluk, Kecamatan Labuan melayani pembeli, Minggu (3/6).

PANDEGLANG - Harga ikan laut mendekati Lebaran Idul Fitri mengalami kenaikan. Hal tersebut seperti yang terjadi di Dermaga Desa Teluk, Kecamatan Labuan, Minggu (3/6). Harga ikan cumi dari semula Rp 30 ribu menjadi Rp 45 ribu per kilogram (kg), ikan raja gantang dari Rp 25 ribu menjadi Rp 35 ribu/kg, ikan tongkol dari Rp 30 ribu menjadi Rp 35 ribu/kg.


Hadi, pedagang ikan laut di Dermaga Teluk mengatakan, kenaikan harga ikan laut sudah terjadi sejak dua pekan terakhir akibat banyaknya nelayan yang tidak melaut karena gelombang tinggi. "Naiknya sudah dua minggu yang lalu. Lagi musim angin selatan banyak nelayan yang gak melaut," kata Hadi, saat melayani pembeli di Dermaga Teluk, kemarin.


Selain itu, sambung Hadi, kenaikan harga ikan laut juga terjadi menjelang Lebaran Idul Fitri. Dia memprediksi beberapa hari terakhir harga ikan akan tetap tinggi jika kondisi cuaca masih kurang stabil. "Ya begitu, selain banyak yang gak melaut, banyak warga yang pakai untuk Lebaran. Mungkin kenaikan itu terjadi sampai pertengahan atau akhir bulan," ujarnya.


Meski harga ikan laut naik, namun peminatnya tak berkurang. Bahkan, untuk para pengusaha rumah makan ketika harga naik, dan stok berkurang mereka tetap membeli untuk stok. "Kalau itu tidak ngaruh, banyak yang beli. Apalagi sekarang memasuki Lebaran yang akan memasuki libur panjang. Pastinya banyak yang datang ke pantai untuk berlibur, dan beli ikan untuk di bakar," terangnya.


Nana, pedagang ikan laut lainnya, menuturkan, kenaikan harga ikan laut juga dipicu dari pasokan ikan yang dikirim ke luar daerah yang mengalami kenaikan. "Kenaikannya disesuaikan dengan harga pasar di Jakarta. Kalau di sana naik, di sini (Pandeglang) juga ikut naik. Ya, kalau pasokan kurang, sangat berpengaruh terhadap harga," tuturnya.


Dihubungi melalui teleponnya, Kabid Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Pandeglang, Andriawan menyatakan, kenaikan harga ikan laut selain disebabkan banyaknya nelayan yang tidak melaut. Namun Lebaran juga menjadi penyebab kebutuhan masyarakat mengkonsumsi ikan laut mengalami peningkatan. "Ya mungkin harganya lagi naik saja. Gimana gak naik, nelayan banyak yang tidak melaut, terus memasuki Lebaran lagi," jelasnya.


Andriawan meyakini, kenaikan harga ikan laut tidak akan berlangsung lama, karena para nelayan sudah mulai banyak yang melaut. Dia memprediksi nelayan akan meluat setelah Lebaran Idul Fitri. "Sebetulnya kalau masalah harga ikan sudah biasa. Mungkin tidak lama lagi juga harganya akan turun. Nelayan sudah mulai pada melaut, tapi tidak banyak lagi musim angin selatan," katanya. (yanadi)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook