Malam Hari Keliling Tertibkan APK

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Senin, 04 Juni 2018 - 14:44:59 WIB   |  dibaca: 121 kali
Malam Hari Keliling Tertibkan APK

DITERTIBKAN : Petugas PPK Kramatwatu menertibkan APK yang dipasang sebelum masa kampanye, belum lama ini.

SERANG - Bulan Ramadan tidak hanya dijadikan momentum untuk memperbaiki diri. Bagi para politisi, Ramadan juga merupakan waktu yang efektif untuk mensosialisasikan diri.Panitia pengawas pemilu kecamatan (panwascam) di seluruh Kabupaten Serang, tidak mengenal waktu dalam melakukan pengawasan dan menertibkan alat peraga kampanye (APK). Sering pada malam hari, mereka berkeliling ke lapangan untuk memantau, sekaligus menertibkan dan mengamankan APK di wilayahnya masing-masing.


Pada bulan Ramadan, jumlah APK yang terpasang di sisi-sisi jalan dan tempat-tempat strategis menunjukan peningkatan yang signifikan, dibanding bulan-bulan yang lain. Padahal, pihak panwas telah melarang partai politik (parpol) agar tidak ada APK yang terpasang sebelum ada penetapan daftar pemilih tetap (DPT) pada Desember mendatang.


Penertiban APK dilakukan untuk memberikan rasa keadilan bagi parpol atau politisi lain, yang mentaati imbauan panwas yang telah disampaikan kepada mereka. “Kita ingin memberikan keadilan bagi seluruh caleg (calon legislatif) yang akan maju pada 2019 mendatang,” kata Abdurohman, anggota panwas Kabupaten Serang, Minggu (3/6).


Sosialisasi tidak dipermasalahkan, jika dalam APK, baik itu baliho, spanduk dan yang lainnya hanya mencantumkan nomor partai dan lambang partai, namun tidak memasang foto caleg pada APK tersebut. “Yang sudah kita amankan jumlahnya ratusan, yang berasal dari 29 kecamatan. Pada bulan Ramadan ini ada peningkatan jumlah APK-nya,” tuturnya.


Dengan bantuan para anggota panwascam, pihaknya akan terus menyisir seluruh tempat di Kabupaten Serang yang ada APK-nya untuk ditertibkan dan diamankan. “Dalam penertiban kita ada berita acaranya, jadi bagi pemilik APK bisa mengambil ke kami, karena itu (APK-red) properti mereka. Kami pastikan APK aman karena kami jaga dengan baik,” katanya.


Pria berjenggot itu berharap, semua politisi di Kabupaten Serang yang akan maju menjadi caleg pada 2019 mendatang dapat mentaati peraturan yang telah ditelah ditetapkan oleh Bawaslu RI. “Ada waktunya bagi mereka (politisi-red) untuk melakukan sosialisasi seluas-luasnya. Kita menginginkan proses demokrasi yang lebih baik, salah satunya kurangnya pelanggaran pemilu,” paparnya.(TANJUNG)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook