KPK Matangkan Program Pencegahan Korupsi dengan Komunitas

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Selasa, 05 Juni 2018 - 12:56:01 WIB   |  dibaca: 124 kali
KPK Matangkan Program Pencegahan Korupsi dengan Komunitas

FOTO BERSAMA : Pejabat Deputi Bidang Pencegahan KPK Rama Handoko (kanan) foto bersama Komunitas Lima Sakti, kemarin.

PANDEGLANG -  Pejabat Deputi Bidang Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Rama Handoko menyatakan, pihaknya terus mengintensifkan program pelibatan komunitas yang tergabung dalam Lintas Masyarakat Anti Korupsi (Lima Sakti) dan masyarakat pada umumnya dalam pencegahan korupsi.

Bahkan kata Rama, KPK dan komunitas  serta OPD terkait dari Pandeglang dan Lebak telah melaksanakan workshop penyusunan rencana kegiatan kolaborasi dan pelibatan masyarakat dalam pencegahan korupsi di Kabupaten Lebak, akhir pekan kemarin. Saat workshop KPK menggandeng aktivis ICW yakni Ade Irawan dan Abdullah untuk menjadi narasumber.


"Kami berterimakasih kepada komunitas, masyarakat, dan OPD dari Pandeglang dan Lebak yang telah hadir menyumbangkan pemikirannya dalam workshop yang kami laksanakan di Kabupaten Lebak. Hasil workshop ini akan  menjadi bahan selanjutnya dalam bidang pencegahan korupsi," kata Rama, kemarin.


Menurut Rama, kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya yakni pelatihan standar operasional prosedur (SOP) pelayanan publik pelibatan komunitas dalam pencegahan korupsi. "Dibutuhkan proses yang panjang dalam menjalin kolaborasi antara komunitas dengan pemerintah daerah, agar bisa bermanfaat bagi masyarakat," tuturnya.


Kepala Bidang Keuangan dan Aset Desa DPMPD Pandeglang Hasan Bisri mengatakan, mendapat banyak pengetahuan dengan terlibat langsung dalam Forum Lima Sakti. "Forum ini telah menyampaikan saran dan solusi terkait pengelolaan dana desa yang efekti, efisien dan akuntabel antara lain penguatan kembaga BPD dalam proses perencanaan, penganggaran dan pelaksanaan, penguatan RT dan RW dalam ikut serta musyawarah desa, peningkatan kepala dan prangkat desa dalam pengelolaan keuangan, perlunya teknologi informasi dan

aplikasi pengelolaan keuangan desa sehingga mudah diakses dalam mendukung azas transfaransi serta pelibatan nasyarakat yang aktif dalam perumusan kebijakan di desa. Harapan kami ke depan  adalah adanya kolaborasi yang berjelanjutan antara pemda dan forum Lima Sakti dalam mengawal dan mendorong pengelolasn keuangan desa," katanya.


Sekretaris Dinas Pendidikan Pandeglang Agus Makdum mengapresiasi upaya serius KPK dalam pencegahan korupsi dengan pelibatan komunitas. "Pelibatan komunitas dalam pencegahan korupsi sangat penting karena komunitas selain mengawal, juga akan memberikan saran dan masukan yang berharga dalam pelayanan publik ke masyarakat," katanya. (muhaemin)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

Brianlap
13 Juni 2018 - 07:44:39 WIB

Купить свитшот 1312 CYLF.RU [url=http://cylf.ru/kupit-svitshot-1312-nevinovnyh-net.htm l]Click here...[/url]

  • 1

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook