Lelang Jabatan Dihentikan Sementara

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Selasa, 05 Juni 2018 - 13:16:07 WIB   |  dibaca: 73 kali
Lelang Jabatan Dihentikan Sementara

SERANG- Pelaksanaan lelang lima jabatan setara eselon II di lingkungan Pemprov Banten dihentikan sementara. Pengentian dilakukan karena seleksi jabatan pimpinan tinggi tersebut diduga belum mengantongi rekomendasi dari Komite Aparatur Sipil negara (KASN).

Informasi yang dihimpun, dalam surat KASN bernomor B-1108/KASN/5/2018 disebutkan agar Pemprov Banten menghentikan sementara proses seleksi terbuka terhadap lima jabatan eselon II tersebut.


Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten Komarudin membenarkan adanya surat yang dilayangkan KASN. Meski demikian dia membantah seleksi terbuka lima jabatan eselon II dilaksanakan tanpa adanya rekomendasi dari KASN.


“Sebenarnya istilahnya bukan dihentikan, bahasanya ditunda sementara. Artinya tahap berikutnya dijadwal ulang. Kita sudah tindaklanjuti surat dari KASN. Pertama, kita akan merevisi jadwal tahapan, jadwal kita susun lagi. Besok pansel rapat untuk menentukan jadwalnya,” ujarnya kepada wartawan, Senin (4/6).


Komarudin mengaku bahwa BKD sudah mengusulkan menggelar lelang jabatan untuk lima posisi tersebut kepada KASN. Dari usulan tersebut, Komarudin mengklaim jika KASN sudah memberikan rekomenadasinya.

“Bukan begitu (tidak ada rekomendasi). Kita kan punya data. Sebelumnya ada dua surat, Maret dan April. Rekomenasi sudah ada. Cuma, sekarang selain koordinasi manual (surat) ada juga menggunakan aplikasi sistem informasi jabatan pimpinan tinggi (sijapti). Sebelum surat tanggal 22 Mei, ada surat di bulan April. Kalau belum ada rekomendasi kita juga enggak berani jalan,” katanya.


Menurutnya, sijapti tersebut baru diterapkan tahun ini, sehingga ketika itu belum diproses. “Yang belum itu sistem onlinenya. Karena baru itu. Jadi koordinasi melalui online itu yang dalam proses,” ungkapnya.


Asisten Daerah (Asda) III Provinsi Banten Samsir mengaku belum mengetahui perihal mengehentian sementara tahapan lelang jabatan. Sebab biasanya sebelum menggelar lelang, BKD terlebih dahulu berkonsultasi ke KASN. “Saya mau tanya dulu ke BKD, karena menurut BKD katanya ada rekomendasinya. Saya mau cek dulu benar enggak itu rekomendasi,” tuturnya.


Seperti diketahui, progres lelang jabatan sendiri saat ini panitia seleksi (pansel) sudah mengeluarkan hasil seleksi administrasi melalui surat nomor 17-PANSEL.JPTP/2018. Ada lima jabatan yang di lelang yaitu kepala biro umum dengan peserta lulus seleksi tahap awal berjulah tujuh orang.
 
Kemudian, jabatan kepala biro administrasi rumah tangga pimpinan (ARTP) sebanyak enam orang. Seperti diketahui, dua jabatan awal ini kembali di lelang karena pada lelang sebelumnya diharuskan untuk diulang. Hal tersebut terjadi karena hanya ada satu peserta dari jumlah minimal tiga untuk diajukan ke gubernur yang memenuhi standar penilaian.
 

Selanjutnya jabatan yang juga dilelang adalah kepala dinas koperasi dan usaha kecil menengah (UKM) dengan jumlah peserta delapan orang. Jabatan kepala dinas perhubungan (dishub) sebanyak sembilan orang. Terakhir adalah jabatan kepala badan perencanaan dan pembangunan daerah (bappeda) sebanyak lima orang peserta.
 

Jika tak dihentikan sementara, seharusnya kemarin para peserta selanjutnya akan mengikuti tes kesehatan dan kejiwaan pada 4 Juni untuk jabatan kepala biro umum, kepala biro ARTP dan kepala bappeda. Sedangkan untuk peserta lelang jabatan kepala dinas koperasi dan UKM serta kepala dishub digelar pada 7 Juni. Tahap seleksi tersebut akan berlangsung di RSUD Banten. (dewa)

 

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook