PPBD Dipastikan Tak Bermasalah

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Selasa, 05 Juni 2018 - 13:30:01 WIB   |  dibaca: 708 kali
PPBD Dipastikan Tak Bermasalah

MEGAH : Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten nampak megah di KP3B, Cuurg, Kota Serang.

SERANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten memastikan tidak akan terjadi kendala dalam pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) Online. Kepastian tersebut disampaikan Sekretaris Dearah (Sekda) Banten, Ranta Soeharta.


Kepada awak media, Ranta mengatakan, pelaksanaan PPDB Online akan berlangsung Tanggal 21 sampai dengan 23 Juni. Sejumlah persiapan sudah dilakukan untuk mensukseskan PPDB Online tersebut.“Termasuk persoalan banwidth juga menjadi perhatian serius kami, sehingga pelaksanaan PPDB Online bisa berjalan dengan baik tanpa ada hambatan. Jadi banwidth tidak menjadi persoalan lagi,” kata Ranta, Senin (4/5).


Ia menjelaskan, tahun kemarin proses PPDB Online ada kendala karena berbarengan dengan proses penginputan. Sedangkan untuk tahun ini, banwidth akan focus digunakan untuk PPDB Online.“Terlebih Pak Komari sudah menyanggupi untuk menyediakan banwidth, agar tidak terjadi kendala dalam proses PPDB Online,” ungkapnya.


Terpisah, Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Diskominfotiksan Provinsi Banten Rosmawati  mengungkapkan, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi terkait persiapan penyelenggaraan PPDB online 2018 baik secara internal yang diikuti tenaga ahli bidang TIK dan moratelindo selaku internet service provider, maupun unsur instansi terkait.


"Untuk mendukung pelaksanaan PPDB online (daring) Provinsi Banten yang diselenggarakan oleh dinas pendidikan dan kebudayaan Banten. Dinas kominfo sebagai liding sektor dalam bidang teknologi informasi mempersiapkan infrastruktur untuk menyukseskan pelaksanaan PPDB online tersebut. Beberapa hal yang disiapkan antara lain mempersiapkan server, mempersiapkan data center di dua tempat yakni data center diskominfo dan cyber DC Jakarta, dan ketiga mempersiapkan akses bandwith," jelasnya.


Pihaknya juga akan melakukan uji coba terhadap kemampuan kapasitas server dan infrastruktur yang dimiliki diskominfotiksan. Hal ini penting dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan permasalahan yang akan timbul ketika PPDB daring diakses secara langsung oleh masyarakat Banten.


"Berkaca pada PPDB online tahun 2017, dimana terjadi permasalahan teknis dalam penyelenggaraan PPDB secara online, kami berharap PPDB online dalam sisi software dan hardware atau infrastruktur tahun 2018 bisa lebih matang dalam perencanaan dan pelaksanaannya," katanya. (satibi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook