Belasan ASN Bermain di Mal Saat Jam Kerja

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Rabu, 06 Juni 2018 - 14:03:46 WIB   |  dibaca: 310 kali
Belasan ASN Bermain di Mal Saat Jam Kerja

RAZIA ASN : Petugas Satpol PP mendata seorang ASN yang sedang berkeliaran saat jam kerja di Cilegon Centre Mall (CCM), Kecamatan Cibeber, Selasa (5/6).

CILEGON - Sedikitnya 13 Aparatur Sipil Negara (ASN), yakni masing-masing 10 pegawai dari Kota Cilegon dan 3  orang dari Kabupaten Serang terjaring razia Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cilegon. ASN tersebut kedapatan melakukan pelanggaan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53/2010 tentang disiplin ASN. Sebab, saat masih masuk jam kerja para ASN tersebut malah sedang asik berbelanja dan bermain di pusat-pusat perbelanjaan di Kota Cilegon.  


Kepala Seksi (Kasi) Pengendalian Operasi (Dalops) pada Satpol PP Kota Cilegon Suroto mengatakan, keberadaan ASN di pusat perbelanjaan saat jam kerja jelas menyalahi PP Nomor 53/2015. Untuk itu, kami melakukan razia dalam rangka menegakan peraturan tersebut, sehingga para pekerja seperti Asn bisa fokus untuk melakukan pelayanan kepada warga.

"Ada 13 ASN yang kami data, 3 orang ASN Kabupaten Serang dan sisanya dari Pemda (Pemerintah daerah) Kota Cilegon. Mereka jelas melakukan pelanggaran karena kedapatan sedang bermain di mall saat masih jam kerja," katanya kepada Banten Raya usai melakukan razia di 6 pusat perbelanjaan di Kota Cilegon, Selasa (5/6).


Suroto menambahkan, 13 nama-nama ASN tersebut akan diserahkan kepada dinas berwenang untuk memberikan sanki atau proses selanjutnya dari pelanggaran disiplin ASN tersebut. Sementara Satpol PP Kota Cilegon hanya melakukan penegakan terhadap adanya aturan tentang disiplin ASN.

"Kami serahkan kepada BKPP (Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan) Kota Cilegon dan Kabupaten Serang untuk melakukan proses selanjutnya, apakah diberikan sanksi atau tidak. Sebab, kami tidak bisa memebrikan tindakan hukuman tentang disiplin ASN, kami hanya melakukan penegakan aturan baik aturan, terutama aturan daerah," tambahnya.


Suroto menjelaskan, jumlah 13 orang tersebut merupakan jumlah terbanyak selama diadakannya razia disiplin ASN oleh Satpol PP Kota Cilegon. Sebab, pada razia sebelumnya Satpol PP hanya bisa mendata 7 ASN.

 "Sekarang ini sepertinya temuannya paling banyak dibanding razia sebelumnya. Untuk terus meningkatkan pelayanan kepada warga, Satpol PP akan terus bekerja dan mengawasi disiplin para ASN ini," jelasnya.  


Sementara itu, Kepala Bidang Penegakan Perundang-undangan pada Satpol PP Kota Cilegon Sofan Maksudi mengungkapkan, harus ada sanksi yang tegas yang diberikan kepada ASN yang tidak disiplin, sehingga ASN bisa jera dan tidak mengulangi melanggar disiplin tersebut. "Kami serahkan kepada BKPP Kota Cilegon untuk diproses dengan serius, sehingga mereka bisa jera untuk tidak mengulanginya lagi," ungkapnya. (uri)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook