FKIP Untirta Gelar Workshop Pengelolaan Jurnal Menuju Terakreditasi

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Rabu, 06 Juni 2018 - 14:35:55 WIB   |  dibaca: 629 kali
FKIP Untirta Gelar Workshop Pengelolaan Jurnal Menuju Terakreditasi

JURNAL : Sejumlah pembicara workshop pengelolaan jurnal terakreditasi yang digelar VOLT FKIP Untirta foto bersama usai kegiatan, kemarin.

SERANG - Pengelola Jurnal VOLT (Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro), Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, FKIP, Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menggelar Workshop Pengelolaan Jurnal Menuju Terakreditasi dan Workshop Penulisan Manuscript Artikel Jurnal Ilmiah.


Workshop ini dibuka oleh Wakil Dekan I FKIP Untirta, Suroso Mukti Leksono. Dalam sambutannya, Suroso menyampaikan, saat ini sebanyak 19 jurnal dikelola oleh prodi/jurusan di FKIP Untirta. Dari jumlah tersebut 17 diantaranya sudah terindeks DOAJ (indeks tingkat sedang).


“Ini merupakan capaian yang cukup menggembirakan. Oleh karena itu, FKIP mendukung penuh agar seluruh jurnal di FKIP mengajukan akreditasi, jika sudah memenuhi syarat untuk dilakukan akreditasi melalui Arjuna Ristekdikti,” kata Suroso, kemarin.


Editor-in-Chief Jurnal VOLT PTE, Mustofa Abi Hamid mengungkapkan, Workshop Pengelolaan Jurnal Menuju Terakreditasi ini diperlukan oleh pengelola jurnal (dewan redaksi) sebagai landasan dalam mengelola jurnal secara profesional dengan menggunakan Open Journal System (OJS) Online.


“Dalam mengelola jurnal memang diperlukan kegigihan, profesionalitas dan manajemen yang baik. Sehingga saat dilakukan akreditasi, maka jurnal tersebut akan mendapatkan poin akreditasi yang maksimal,” ujar Suroso yang juga menjabat Ketua Pelaksana Workshop ini.


Pengelolaan jurnal yang baik, lanjut Suroso, juga akan meningkatkan kualitas jurnal tersebut. Selain itu, disisi lain juga diperlukan artikel ilmiah yang berkualitas dari penulis jurnal. Oleh karena itu, workshop ini juga membahas tentang bagaimana menulis manuscript artikel jurnal ilmiah yang baik sesuai dengan standar internasional bagi penulis jurnal.


“Narasumber workshop ini adalah Harry Budi Santoso, yang merupakan editor-in-chief Jurnal Sistem Informasi Universitas Indonesia. Pak Budi juga menjabat Kepala Laboratorium Digital Library dan Distance Learning di Fakultas Ilmu Komputer UI,” ungkapnya.


“Sedangkan narasumber kedua adalah Yus Rama Denny, dosen sekaligus Sekretaris Jurusan Fisika FKIP Untirta yang produktif dalam menulis artikel ilmiah pada jurnal internasional bereputasi,” sambungnya.


Di lokasi yang sama, Mustofa Abi Hamid selaku editor-in-chief Jurnal VOLT PTE mengatakan, Jurnal VOLT yang dikelola oleh prodi PTE FKIP Untirta ini pernah memenangkan Hibah Bantuan Terbitan Berkala Ilmiah (BTBI) Tahun 2018, dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.


“Jurnal VOLT termasuk dalam 48 jurnal yang lolos didanai dari 307 jurnal yang diseleksi secara ketat oleh Kemristekdikti. Pada tahun 2018 ini, kami mendapatkan hibah BTBI sebesar  Rp40 juta dari Kemristekdikti. Ini menjadi motivasi bagi kami untuk membawa jurnal VOLT PTE ini menjadi jurnal yang terakreditasi. Target kami pada awal tahun 2019, jurnal VOLT PTE terakreditasi  nasional oleh Kemristekdikti,” ungkapnya. (satibi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook