Ditemukan Lampu dan BAn Tak Laik

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Rabu, 06 Juni 2018 - 15:24:02 WIB   |  dibaca: 137 kali
Ditemukan Lampu dan BAn Tak Laik

DIPERIKSA : Petugas Dishub Pandeglang mengecek kelaikan kendaraan bus trayek AKAP di Terminal Labuan, Pandeglang, Selasa (5/6).

PANDEGLANG - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Banten bekerjasama dengan Dishub Kabupaten Pandeglang melakukan pemeriksaan bus Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Labuan, Selasa (5/6). Pemeriksaan yang dilakukan untuk memastikan angkutan umum tersebut layak digunakan untuk angkutan Lebaran itu ditemukan lampu dan ban kendaraan tidak laik.


Pantauan di lokasi, pemeriksaan dilakukan mulai dari kinerja wiper, rem, lampu hingga ban.Kabid Angkutan pada Dishub Banten, Dedi Hasan mengatakan, tidak menemukan adanya kendaraan yang tidak layak jalan. "Dari hasil pengecekan kita tidak temukan kendaraan yang rusak parah, kita hanya menemukan ada beberapa kendaraan yang perlu mendapatkan perbaikan, seperti lampu dan ban. Kita ingin semua kendaraan Lebaran layak digunakan oleh penumpang," kata Dedi, di sela-sela pengecekan.


Menurutnya, pemeriksaan kendaraan itu untuk memastikan semua bus layak untuk digunakan saat mudik Lebaran. Setiap bus yang dinyatakan sudah layak jalan dipasangi stiker. "Semua bus sudah dipasang imbauan layak jalan. Kalau tidak, bus itu harus diperbaiki dulu, baru bisa beroperasi lagi. Ini untuk memberikan kenyamanan kepada penumpang. Apalagi mudik Lebaran sebentar lagi," ujarnya.


Plh Kasi Pengujian Kendaraan Bermotor pada Dishub Pandeglang, Rendhy Heryandhy menjelaskan, razia kelayakan angkutan umum rutin dilakukan setiap tahunnya menjelang Lebaran Idul Fitri. Kegiatan itu dilakukan untuk memastikan kendaraan yang akan digunakan saat jelang Lebaran aman untuk penumpang. "Sudah rutin kami laksanakan. Kalau jelang Lebaran begini, semua angkutan harus layak jalan agar keselamatan penumpang bisa terjamin," ungkapnya.


Dalam kegiatan itu sambung Rendhy, selain untuk memastikan kelayakan kendaraan juga untuk memberikan imbauan kepada semua sopir untuk taat aturan lalu lintas. Karena saat Lebaran nanti banyak masyarakat yang akan mudik menggunakan kendaraan umum. "Setelah uji kelayakan ini kami berharap semua sopir dapat mengutamakan keselamatan penumpang saat Lebaran nanti," ujarnya.


Rendhy mengharapkan, razia itu dapat meminimalisasi terjadinya angka kecelakaan lalu lintas. "Selain menekan kecelakaan, itu juga agar para sopir ugal-ugalan di jalan raya. Kalau kendaraan yang mereka gunakan tidak layak jalan akan membahayakan penumpang. Makanya, perlu kita antisipasi," jelasnya.

33 Bus Tak Laik Operasi Diperiksa Lagi
Satuan Pelayanan Terminal Tipe Kaduagung Lebak pada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga melakukan pemeriksaan terhadap seluruh bus antar kota antar provinsi (AKAP) yang beroperasi di terminal tersebut, Selasa (5/6).


Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Kaduagung Lebak, Lina Darlina mengatakan, dari hasil pemeriksaan sebelumnya, sebanyak 33 unit dari 118 bus AKAP, dinyatakan tidak laik jalan. Maka dari itu untuk mengantisipasi agar 33 unit bus tersebut tidak dipaksakan untuk beroperasi, maka pihaknya kini akan melakukan pengawasan dan pengecekan lagi.


"Mulai hari ini (kemarin), kami kembali memperketat pengawasan dan pengecekannya, agar tiga puluh tiga bus AKAP yang tidak laik jalan tidak dioperasikan kembali," ujar Lina.
Ditegaskannya, pihaknya tidak ingin ada kejadian kecelakaan lalulintas yang dialami bus angkutan umum yang digunakan untuk angkutan Lebaran.

Maka dari itu, bagi puluhan bus AKAP yang dinyatakan laik jalanpun diminta untuk tetap dikontrol secara teliti oleh sopir atau oleh pihak perusahaan bus tersebut sebelum dioperasikan."Jangan mentang-mentang telah resmi dinyatakan laik jalan, malah sopir atau pemilik busnya tidak kembali melakukan pengecekan terhadap kondisi bus nya," katanya.


Kepala Dinas Perhubungan (Dihub) Lebak, Sumardi mendukung pemeriksaan terhadap bus untuk angkutan Lebaran yang dilakukan Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Kaduaagung Lebak.
"Kami pun sangat berharap, agar semua bus angkutan Lebaran bisa menciptakan rasa nyaman dan aman kepada seluruh penumpangnya," kata Sumardi.(yanadi/hudaya)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook