Baru 50 Persen Guru Melek IT

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Kamis, 07 Juni 2018 - 10:55:49 WIB   |  dibaca: 90 kali
Baru 50 Persen Guru Melek IT

BUKA PUASA : Suasana buka puasa bersama pengurus PGRI Kota dan Kecamatan Purwakarta.

CILEGON - Baru sekitar 50 persen dari sekitar 2.600 jumlah guru negeri di Kota Cilegon yang melek Informasi Teknologi (IT). Para guru tersebut bukan saja bisa menggunakan IT untuk keperluan pribadi. Namun, rata-rata sudah bisa memanfaatkannya untuk proses belajar mengajar di sekolah. Sementara sisanya adalah guru yang masih terus didorong untuk memiliki kemauan menguasai IT.

Kepala Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Cilegon Wandi Wahyudin mengatakan, para guru diwajibkan untuk bisa menggunakan IT sebagai sarana belajar mengajar. Untuk itu, PGRI sebagai organisaai profesi para guru memfasilitasi dengan melakukan workshop bagi para guru. Meski dengan jumlah yang sedikit namun PGRI yakin secara perlahan guru di Kota Cilegon akan melek IT seluruhnya.


"Tugas kami adalah mendorong kemauan para guru untuk mau belajar. Sebab persoalannya bukan bisa atau tidak namun mau atau tidak. Kami rutin selalu mengadakan workshop penggunaan komputerisasi untuk para guru. Bahkan mereka mendapatkan sertifikat usai pelatihan," katanya kepada Banten Raya usai melakukan buka bersama di PGRI Kecamatan Purwakarta, Selasa (5/6).

Wandi menjelaskan, guru melek IT bukan hanya menjadi program PGRI untuk terus meningkatkan kemampuan para guru. Namun guru melek IT merupakan bagian kebutuhan dunia pendidikan di era yang serba modern sekarang, dimana seluruh hal sudah menggunkan IT.


 "PGRI Pusat sering bekerjasama dengan kami dan microsoft mengadakan pelatihan. Termasuk Dindik Kota Cilegon juga melakukan hal yang sama dalam proses pembinanan peningkatan kapsitas dan kualitas guru," ungkapnya.


Sementara itu, Ketua PGRI Kecamatan Purwakarta Hawasi mengatakan hal sama, jika era pendidikan sekarang adalah era teknologi. seorang guru wajib menguasainya. Untuk bisa menguasainya maka harus afa kemauan. Sebagai organisasi PGRI terus mendorong guru kearah mengiasai teknologi. "Dindik Kota Cilegon memiliki target pada 2020 guru di Kota Cilegon wajib melek IT. sekarang ini tinggal kemauan guru tersebut, khususnya guru yang sudah memiliki angkatan tua," katanya.


Hawasi menambahkan, PGRI akan bekerja keras dengan Dindik Kota Cilegon untuk bersam-sama mewujudkan guru melek IT pada 2020. untuk mencapai hal tersebut setiap tahunnya ratusan guru mengikuti pelatihan yang diadakan oleh PGRI maupun juga dinas. "Kami harus bergandengan tangan dengan Dindik Kota Cilegon bersama mewujudkan target guru melek IT," tambahnya. (uri)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook