Tak Bayar THR, Laporkan ke Disnaker

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Jumat, 08 Juni 2018 - 11:11:33 WIB   |  dibaca: 71 kali
Tak Bayar THR, Laporkan ke Disnaker

CILEGON - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cilegon meminta kepada para karywan industri di Kota Cilegon untuk mengawal aturan tentang pemberian Tunjangan Hari Raya (THR). Bahkan, Disnaker meminta kepada karyawan untuk melaporkan industri yang tidak membayar THR kepada posko pengaduan THR Disnaker Kota Cilegon.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Hubungan Industrial pada Disnaker Kota Cilegon Jarwan mengatakan, perusahaan diwajibkan membayar THR bagi karyawannya. Pemberian THR tersebut, diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Permenakertrans) Nomor 6/2016 tentang THR. "Pembayaran THR tersebut wajib. Bahkan, untuk karyawan yang baru bekerja satu bulan juga berhak terima THR," kata Jarwan kepada Banten Raya, Kamis (7/6).


Dijelaskan Jarwan, Disnaker Kota Cilegon juga membuka posko pengaduan THR. Namun, posko yang dibuka sejak awal ramadan tersebut belum menerima pengaduan masalah THR. "Kalau tahun 2016 ada pengaduan THR ke posko kami, itu dari karyawan dan serikta pekerja yang mengadukan pemberian THR di salah satu perusahaan yang tidak sesuai prosedur," jelasnya.


Pemberian THR, tambah Jarwan, besarannya satu kali gaji. Jika ada perusahaan yang tidak membayarkan sesuai dengan aturan Permenakertrans tersebut, maka dapat dikenakan sanksi oleh pihaknya. "Sanksinya teguran satu, teguran dua, teguran tiga, sampai pembekuan izin usaha," tambahnya.


Jarwan menegaskan, pihaknya juga telah menyampaikan sosialisasi ke perusahaan-perusahaan terkait dengan pemberian THR dan terus dilakukan pengawasan. Namun, diakuinya dalam pengawasan belum maksimal.

Pasalnya, pihaknya juga keterbatasan petugas dalam mengawasi masalah tersebut."Seribu lebih industri di Cilegon, sementara petugas kita hanya berapa saja. Apalagi, kalau mengawasi pertokoan skala kecil ya sangat kurang petugas kita," tegasnya.


Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Cilegon Tommy Rahmatullah mengatakan, pihaknya juga telah melakukan sosialisasi kepada para pengusaha untuk membayarkan THR sesuai dengan aturan yang berlaku. Bahkan, Ia mendorong agar Disnaker Kota Cilegon bisa menindak tegas industri yang tidak membayarkan THR sesuai aturan.


 "Apalagi libur Lebaran tahun 2018 ini cukup panjang, kami juga menyampaikan agar pemberian THR juga lebih awal. Perusahaan sudak kami imbau membayar THR, dan kami dukung Disnaker Kota Cilegon menindak tegas jika ada industri membayar THR tidak sesuai aturan," katanya. (gillang)

 

 

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook