Libur Lebaran Diprediksi Banyak Sampah

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Jumat, 08 Juni 2018 - 11:12:54 WIB   |  dibaca: 146 kali
Libur Lebaran Diprediksi Banyak Sampah

CILEGON – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon menyiapkan 180 petugas untuk melakukan bersih-bersih selama musim mudik dan libur lebaran, terutama saat malam takbir dan hari idul fitri. Hal tersebut mengantisipasi adanya penumpukan sampah yang sering terjadi baik dijalur protokol maupun jalur Jalan Lingkar Selatan (JLS).

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) DLH Kota Cilegon, Mochamad Teddy Soeganda mengatakan, kegitan diturunkannya pasukan sapu bersih tersebut adalah kegiatan rutin setiap tahunnya menjelang mudik dan libur idul fitri.

Sebab, jalur di Kota Cilegn merupakan jalur yang dilintasi saat mudik, termasuk juga saat libur lebaran JLS dilintasi sebagai jalan alternatif menuju wisata Anyer. Untuk itu, sampah diprediksi akan banyak dari pada kondisi biasanya.

"Banyaknya sampah dari mobil yang terkadang dibuang di jalan. Karena Cilegon adalah jalur mudik dan jalur wisata maka sampah diprediksi 3 kali lipat dari biasanya. Ini rutin kami siapkan pasukan kuning atau pasukan sapu bersih untuk menghindari penumpukan sampah di jalan baik JLS maupun jalur protokol," katanya kepada Banten Raya saat berbincang di kantor DLH Kota Cilegon, Kelurahan Panggungrawi, Kecamatan Jombang, Kamis (7/6).


Teddy menjelaskan, pada H – 3 lebaran sampai dengan selesai liburan pasukan akan bertugas. Terutama saat malam takbir dan idul fitri juga akan tetap bertugas. Hal tersebut dilakukan agar Kota Cilegon terhindar dari banyaknya sampah, terutama sampah dari mobil para pemudik.

 "Malam takbir akan bertugas sampai pukul 00.00 dan setekah selasai salat Idul Fitri langsung bergerak lagi, mereka tidak akan ada libur. Namun, yang kami atur adalah waktu pengambilannya saja malam hari dan pagi hari," jelasnya.


Sementara itu, Sekretaris DLH Kota Cilegon Habib Alfarisy mengungkapkan, sebagai jalur yang dilintasi oleh arus mudik dan libur lebaran dapat dipastikan kondisi jalan pasti akan macet. Disaat mascet tersebut biasanya warga membuang sampah lewat kaca jendela, sehingga jalan menjadi kotor. Untuk itu, DLH Kota Cilegon juga mengimbai kepada para pemudik bijak dalam membuang sampah. Jangan sampai sampah dibuang sembarangan, sehingga membuat kotor lingkungan.

 "Macet ssambil makan buang sampah lewat jendela sembarangan. Hal ini yang sering terjadi. Wajar jika jalan selalu kotor. Saat mudik bisa dibayangkan ratusan ribu orang puluhan ribu mobil melintasi Kota Cilegon. Begitu juga saat mudik JLS setiap tahunnya macet berkilo-kilo meter. Hal ini menimbulkan potensi sampah yang banyak," ungkapnya. (uri)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook