Jamkrida Siap Jamin ke Pengusaha Fintech

nurul roudhoh   |   Bisnis  |   Jumat, 08 Juni 2018 - 11:32:01 WIB   |  dibaca: 80 kali
Jamkrida Siap Jamin ke Pengusaha Fintech

OPTIMISTIS : Direktur Utama Jamkrida Banten Hendra Indra Rachman (kiri) bersama Direktur Jamkrida Banten optimistis bisnis penjaminan di tahun 2018 akan lebih melejit, Kamis (7/6).

SERANG – PT Penjaminan Kredit Darah (Jamkrida) Banten, selaku Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemprov Banten siap melakukan penjaminan kepada pelaku bisnis keuangan berbasis teknologi atau financial technology (fintech). Penjaminan ini juga termasuk akan menyasar kepada pengusa rintisan atau startup yang ada di Banten.


Hal ini diungkapkan Direktur Utama Jamkrida Banten Hendra Indra Rachman disela-sela buka bersama yang digelar Jamkrida Banten dengan awak media Banten disalah satu rumah makan di Kota Serang, Kamis (8/6).


“Kita siap (melakukan penjaminan). Karena startup kan salah satu usaha yang sedang maju dan tumbuh. Terutama gamers-gamers, perusahaan-perusahaan online dan lainnya. Jadi saat ini kita sudah siap, tinggal tunggu lembaga pembiayaan atau bank mana yang mau untuk bekerjasama dengan kami,” ujar Direktur Utama Jamkrida Banten Hendra Indra Rachman.


Sebagai informasi, Jamkrinda Banten sendiri memiliki beberapa produk yang menjadi andalan yaitu Penjaminan Kredit Mikro, Penjaminan Kredit Multiguna, Penjaminan Koperasi Simpan Pinjam, Penjaminan Kredit Umum, Penjaminan Surety Bond, dam Penjaminan Kredit Konstruksi.

Selain itu Penjaminan SKBDN, Penjaminan  Custom Bond/Kepabeanan, Penjaminan Surat Hutang, Penjaminan Pegadaian & Fidusia, dan Jasa Konsultasi Manajemen “Sebenernya intinya pola penjaminannya sama seperti penjaminan biasa. Cuma yang perlu kita dalami bentuk kerjasamanya seperti apa? dan bentuk mitigasi dikaminya nanti seperti apa? karena ini industri baru dan standarnya belum ada,” katanya.

Dosen Universitas Bina Bangsa ini menambahkan, salah satu bentuk keseriusan lembaganya terkait kesiapan memberikan penjaminan kepada pengusaha fintech dan startup di Banten, pihak Jamkrida Banten tengah melakukan penjakan dengan salah satu anak usaha group Sampoerna.“Bahkan sekarang kita sedang melakukan penjajakan dengan salah satu anak usaha dari groupnya Sampoerna,” katanya.


“Kami sih sebetulnya semangat, yang jelas kami menunggu lembaga pembiayaannya mana yang siap. Karaen pola penjaminan itu kan harus ada tiga pihak dan lembaga pembiayaannya harus siap memberikan pinjaman itu,” katanya.


Tidak hanya melakukan penjajakan dengan anak usaha dari Samperna, Jamkrida Banten juga  sedang melakukan dengan LPDB  (Lembaga Pengelolah Dana Bergulir) guna memberikan penjaminan kepada pelaku UMKM.“Mudah-mudahan kami sekarang sudah melakukan penjajakan dengan LPDB  (Lembaga Pengelolah Dana Bergulir).

Jadi Polanya itu nanti pola penjaminan langsung. Jadi memang kalau ada star up yang punya prospek bagus kita akan terima (berikan penjaminan). Kemudian si star up nya juga bisa datang langsung ke kita, nanti akan kita teliti kalau ternyata layak untuk mendapatkan fasilitas pembiayaan akan kami bawa ke LPDB. Mudah-mudahan hal itu bisa ditangkap (oleh pelaku star up). Tapi itu juga tergantung dari LPDB nya diterima atau tida,” tutup Hendra. (ismet)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook