Calon Tunggal Berpotensi Politik Uang

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Jumat, 08 Juni 2018 - 12:17:53 WIB   |  dibaca: 400 kali
Calon Tunggal Berpotensi Politik Uang

SERANG- Badan Pengawas Pemilu Provinsi Banten memprediksi potensi politik akan tetap ada di tiga daerah yang memiliki pasangan calon tunggal, meski paslon hanya berhadapan dengan kotak kosong.

Sebab pemilih yang mencoblos kolom kosong akan tetap dihitung sebagai suara sah, sehingga dengan demikian paslon tetap berpotensi kalah. Karena itu untuk mengamankan suara politik uang bisa saja terjadi.


"Kan meskipun persaingan tidak ada, kolom kosong juga sah  untuk dipilih," kata anggota Bawaslu Provinsi Banten Ali Faisal usai menjadi narasumber sosialisasi pengawasan pemilu yang diselenggarakan Panwaslu Kota Serang, di salah satu Hotel di Kota Serang, Kamis (7/6).


Ali mengatakan bahwa selain politik uang pilkada dengan paslon tunggal juga punya potensi pelanggaran lain seperti kampanye di  tempat terlarang, mobilisasi ASN, dan pelanggaran di media sosial. Karena itu atas segala pelanggaran yang dilakukan oleh paslon tunggal tetap diberlakukan aturan yang sama dengan daerah yang menggelar pilkada dengan paslon lebih dari satu."Perlakukan kita akan sama antara pilkada yang ada paslon tunggal dan pilkada yang tidak ada paslon tunggal," ujarnya.


Ketua Panwaslu Kota Serang Rudi Hartono mengatakan, untuk mengantisipasi politik uang di Pilkada Kota Serang akan dibentuk Tim Saber Anti Politik Uang yang anggotanya terdiri dari unsur panwaslu, kepolisian, dan kejaksaan.

Pembentukan tim ini akan dilakukan tiga hari saat masa tenang. Pembentukan tim saat masa tenang dilakukan karena berdasarkan pengalaman serangan fajar terjadi saat masa tenang. “Sejauh ini kita sudah rapat koordinasi dengan kepolisian,” kata Rudi. (tohir)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook