UIN Banten Buka Program Doktor

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Jumat, 08 Juni 2018 - 12:21:09 WIB   |  dibaca: 1195 kali
UIN Banten Buka Program Doktor

TINGKATKAN SDM : Dua orang mahasiswa UIN SMH Banten nampak keluar kampus usai mengikuti kegiatan perkuliahan, kemarin.

SERANG – Program Pascasarjana UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten akan membuka Program Doktor Strata 3 Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI), dan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) pada tahun ajaran baru tahun depan.


Naf’an Tarihoran, Wakil Direktur Program Pascasarjana UIN SMH Banten menjelaskan, pembukaan Program Doktor ini, dimaksudkan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di Banten.“Selain meningkatkan SDM, juga ada permintaan dari para tokoh-tokoh di Banten untuk segera membuka program doktor di UIN Banten,” katanya kepda Banten Raya, kemarin.


Naf’an melanjutkan, program doktor untuk prodi PAI sebetulnya sudah diajukan sejak tahun kemarin. “Sekarang ini di UIN Banten Prodi PAi sudah ada pada tingkat pendidikan strata 1 dan strata 2. Maka, kita coba untuk membuka Prodi PAI pada program doktor,” katanya.


Di Jakarta prodi PAI belum ada, kata Naf’an, yang ada itu Prodi Pendidikan Islam. “Jadi, hal ini yang melatar belakangi UIN Banten membuka Program doctor pada Prodi PAI dan MPI,” tuturnya.Dengan dibukanya program doktor di UIN Banten, sambungnya, akan memberikan kemudahan bagi masyarkat Banten, khususnya dalam melanjutkan jenjang pendidikan. “Bisa juga membuka kesempatan untuk para dosen yang masih S2 untuk menempuh S3,” pungkasnya.


Pada bagian lain, Ilzamudin Ma'mur, Wakil Rektor I UIN SMH Banten mengatakan, UIN Banten, tahun ini sudah mengajukan untuk membuka program studi umum yang perizinannya diperoleh dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), seperti Prodi Fisika, Matematik dan Biologi.


Di abad informasi, mahasiswa harus sudah bisa menghadapi pilihan-pilihan profesi yang terkena imbas cagihnya teknologi. “Sehingga, mahasiswa UIN Banten, disiapkan dalam bidang-bidang profesi, agar menjadi lulusan yang unggul,” ujarnya.


Selain itu, kata Ilzam, seorang mahasiswa harus juga pandai menguasai bidang bahasa. “Di bidang bahasa, untuk memenuhi kebutuhan global. Sehingga, mahasiswa UIN Banten diwajibkan untuk menguasai bahasa internasional, seperti bahasa Arab dan bahasa Inggris,” tuturnya.


Lanjutnya, selain bidang bahasa, juga bidang informasi teknologi (IT). “Mahasiswa sebagai generasi milenial harus berperan aktif dalam mengaktualisasikan dirinya. Karena, generasi milenial akara dengan dunia digital,” pungkasnya. (basyar)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook