Pengguna Bus Anjlok

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Kamis, 21 Juni 2018 - 14:42:04 WIB   |  dibaca: 100 kali
Pengguna Bus Anjlok

MASIH RAMAI : Pemudik jalan kaki berdesakan di gangway usai keluar dari Kapal Roro Dermaga I, Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Rabu (20/6).

CILEGON - Pengguna bus umum pada arus mudik 2018 mengalami penurunan cukup tajam mencapai 11 persen dibandingkan arus mudik tahun 2017 lalu.“Perkiraan kami penurunan pengguna bus umum ini karena meningkatnya pemakaian kendaraan pribadi untuk mudik dan tersedianya mudik gratis dari (Kemenhub) Kementerian Perhubungan RI baik menggunakan bus maupun kapal,” kata Kepala Terminal Terpadu Merak Sugiyo ditemui di Terminal Terpadu Merak, Rabu (20/6).


Sugiyo mengatakan, jumlah pemudik yang turun di TTM dan melanjutkan perjalanan ke Sumatera melalui Pelabuhan Penyeberangan Merak tahun ini mencapai 82.385 orang. Sementara, pada tahun lalu mencapai 94.569 orang. “Jumlah penumpang yang turun di TTM pada arus mudik tahun ini turun 12.184 orang,” terangnya.


Penurunan penumpang bus juga terjadi pada arus mudik dari TTM menuju berbagai kota di Pulau Jawa. Sugiyo menjelaskan, pemudik yang menggunakan moda transportasi bus dari TTM menuju berbagai kota di Pulau Jawa tahun ini hanya 9.551 orang. Tahun lalu, mencapai 25.181 orang.“Penurunan pemudik ke kota-kota di Jawa mencapai 15.630 orang,” paparnya.


Sugiyo menjelaskan, sebelum Lebaran, pihaknya telah menyiapkan berbagai bus cadangan. Bahkan, jumlah bus yang disiapkan jauh lebih banyak dibandingkan tahun lalu. Akhirnya, banyak bus yang tidak terpakai karena jumlah penumpang menurun.


“Padahal tahun ini kami menyiapkan bus sebanyak 575 unit, pada tahun 2017 hanya 512 unit saja. Kami prediksi pemudik dengan bus meningkat tapi nyatanya turun jadi banyak bus tidak full seat,” ungkapnya.


Kata Sugiyo, puncak arus mudik di TTM pada tahun ini terjadi pada H-3 Lebaran dimana sebanyak 15.556 penumpang turun di terminal, dan 1.059 penumpang naik dari terminal. Sementara, untuk puncak arus balik diprediksi baru akan terjadi pada akhir pekan ini, antara Sabtu (23/6) atau Minggu (24/6). “Kami prediksi puncak arus balik tahun ini sekitar 10.000 ribu penumpang bus melalui TTM,” ucapnya.


Sugiyo menambahkan, arus mudik didominasi pemudik dari Jabodetabek tujuan Sumatera. Begitu juga saat arus balik seperti saat ini, didominasi juga oleh pemudik dari Sumatera yang akan kembali ke Jabodetabek. “Seperti jurusan Kalideres dan Kampung Rambutan itu paling banyak penumpangnya. Bus cadangan paling banyak ke dua terminal di Jakarta tersebut,” tuturnya.


Lebih lanjut, Sugiyo menambahkan, aksi kejahatan pada arus mudik dan balik di TTM tahun ini nihil. Namun, ada beberapa peristiwa seperti tas penumpang yang tertinggal di bus. Saat ini, pihaknya juga mengumpulkan tujuh tas milik penumpang tanpa identitas. “Ada tujuh tas penumpang tertinggal di bus rata-rata berisi pakaian dan oleh-oleh. Kami bingung mau mengembalikan ke mana karena tidak ada identitasnya,” ujarnya.


Manajer Usaha Pelabuhan PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Derry Cabang Merak Rudi Mahmudi mengatakan, jumlah kendaraan pribadi yang menyeberang di Pelabuhan Merak tahun ini mengalami kenaikan.

Jumlah pemudik pejalan kaki mencapai 186.034 orang, roda dua 96.707 unit, roda empat 122.095 unit. “Total ada 234.056 unit kendaraan sama truk dan bus. Kalau sepeda motor (yang menyeberang) meningkat. Tahun lalu 91.999 unit. Roda empat juga meningkat dari tahun lalu yang mencapai 110.975 unit,” paparnya.

Rudi menjelaskan, sampai kemarin, baru 43 persen pemudik yang kembali ke Pulau Jawa. Ia memprediksi, puncak arus balik terjadi pada akhir pekan ini. “Kamis (Hari ini -red) pegawai negeri mulai masuk kerja. Malam ini (kemarin -red) juga akan padat.

Tapi, akhir pekan nanti juga kami prediksi menjadi puncak arus balik,” tuturnya.Ditambahkan Rudi, baru 80.442 kendaraan dan 69.332 pejalan kaki yang sudah kembali ke Pulau Jawa. "Akhir pekan ini masih akan padat arus balik," katanya. (gillang)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook