Bank Sampah Turunkan Volume Sampah

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Jumat, 22 Juni 2018 - 12:00:46 WIB   |  dibaca: 352 kali
Bank Sampah Turunkan Volume Sampah

BANK SAMPAH : Petugas kebersihan sedang melakukan pemilahan sampah di Bank Sampah di Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Lebak, Kamis (21/6).

RANGKASBITUNG - Bank Sampah yang dikelola petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lebak mampu menurunkan sebesar 5 persen volume sampah Pasar Rangkasbitung setiap harinya. Berdasarkan data, setiap harinya volume sampah yang diangkut mencapai 50 ton.


"Bank sampah dibentuk untuk mengurangi volume sampah yang dikirim ke TPA (Tempat Pembuangan Sampah Akhir) Dengung di Kecamatan Maja. Hasilnya cukup efektif, mampu menurunkan sebesar 5 persennya," kata Kepala Seksi (Kasi) Pengurangan Sampah DLH Kabupaten Lebak, Sartono kepada Banten Raya, Kamis (21/6).


Menurut Sartono, hitungan 5 persen diperoleh dari hasil kalkulasi volume sampah biasa dikirim ke TPA Dengung dikurangi dengan berat sampah yang ada di bank sampah. "Sampah yang ditampung di bank sampah merupakan sampah hasil pemilahan yang memiliki nilai jual, yakni sampah botol maupun gelas plastik dan kardus," tuturnya.


Sampah tersebut, tambah Sartono, dipilah oleh petugas kebersihan di dua lokasi. Pertama, dilokasi pembuangan sampah sementara dan kedua di bank sampah. "Hal itudilakukan agar sampah yang dikumpulkan memiliki nilai jual tinggi. Dari bank sampah ini telah memberikan tambahan penghasilan bagi para petugas kebersihan," tambahnya.


Kepala Dinas Kebersihan Kabupaten Lebak Nana Sunjana mengatakan, volume sampah sehari di Pasar Rangkasbitung sebanyak 50 ton. "Sampah sebanyak 50 ton sebagian dilakukan pemilahan di bank-bank sampah. Dipilah, mana sampah yang kembali miliki nilai ekonomi. Tujuan utamanya untuk pengurangan volume sampah," katanya. (purnama)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook