Jumlah Pencarr Kerja Membludak

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Jumat, 22 Juni 2018 - 12:05:54 WIB   |  dibaca: 243 kali
Jumlah Pencarr Kerja Membludak

MEMBUAT KARTU KUNING : Ratusan warga mengantre di kantor pelayanan pembuatan kartu kuning Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Lebak, Kamis (21/6).

RANGKASBITUNG - Jumlah pencari tenaga kerja membludak di kantor pelayanan pembuatan kartu kuning Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Lebak, Kamis (21/6). Bahkan, jika biasanya hanya beberapa pencari kerja saja yang membuat kartu kuning, kini hingga mencapai ratusan orang.


Kepala Disnakertrans Kabupaten Lebak, Maman Suparman mengatakan, membludaknya para pencari kerja karena baru dibukanya kembali pelayanan pembuatan kartu kuning pasca libur lebaran Idul Fitri. "Pada hari biasa, jumlah pencaker mencapai puluhan. Tapi hari ini (Kemarin-red) membludak, mencapai ratusan orang," kata Maman kepada Banten Raya, Kamis (21/6).


Para pencaker, tambah Maman, sebagian besar berusia produktif atau baru lulus Sekolah Menengah Atas (SMA)/ sederajat. "Kalau berdasarkan data, mereka mencari keperuntungan di daerah industri, diantaranya Tangerang, Bogor, Karawang, Bekasi dan di kita juga," tambahnya.


Di Kabupaten Lebak sendiri, jelas Maman, beberapa perusahaan kecil maupun besar membuka lowongan kerja dengan jumlah terbatas. "Adapun kita, dalam menekan angka pengangguran telah melakukan pelatihan-pelatihan bagi para pemuda dan pemudi pengangguran di Balai Latihan Kerja (BLK), mulai dari pelatihan membuat sandal, mekanik dan pengelasan yang diharapkan setelah memiliki keahlian dapat bekerja di perusahaan dan menciptakan lapangan pekerjaan dengan membuka usaha sendiri," jelasnya.


Sementara itu, Warga Gunung Kencana, Ujang mengungkapkan, kedatangannya ke Disnaker hanya untuk membuat kartu kuning. "Soalnya waktu lebaran kemarin, saudara dari Karawang datang dan memeri kabar bahwa ada lowongan kerja untuk lulusan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) dan diminta secepatnya bikin lamaran, makanya langsung ke-sini," katanya. (purnama)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook