Bawaslu Sebar 10.467 Pengawas TPS

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Jumat, 22 Juni 2018 - 12:52:13 WIB   |  dibaca: 229 kali
Bawaslu Sebar 10.467 Pengawas TPS

PELANTIKAN : Pengawasan TPS untuk Pilkada Kota Serang saat proses pelantikan di Sambara Resto, Kelurahan Kagungan, Kecamatan Serang, Kota Serang, belum lama ini.

SERANG- Sebanyak 10.467 pengawas tempat pemungutan suara (TPS) akan disebar saat pemungutan suara Pilkada Serentak 2018 pada 27 Juni mendatang. Langakh tersebut dilakukan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Banten sebagai upaya pencegahan terjadinya pelanggaran pada tahap coblosan di TPS.


Ketua Bawaslu Provinsi Banten Didih M Sudi mengatakan, dengan hari pemungutan suara yang tinggal menghitung hari, maka persiapan teknis pun terus dikebut. Salah satu tahap yang kini sedang difokuskan adalah teknis penempatan pengawas TPS.


“Saat ini pengawas TPS sedang dibekali secara teknis. Dengan demikian saat pelaksanaan pengawasan, mereka sudah siap baik secara mental maupun pengetahuan secara kepengawasan. Adapun jumlah pengawas TPS yang disiapkan ada sebanyak 10.467 orang,” ujarnya.


Mantan Komisioner KPU Provinsi Banten itu menuturkan, 10 467 pengawas TPS tersebut disebar ke empat daerah yang akan menggelar pilkada yaitu Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang, Kota Serang dan Kota Tangerang. Setiap pengawas TPS akan mengawasi satu TPS.

“Jumlah pengawas TPS disesuaikan dengan jumlah TPS pada Pilkada Serentak 2018 di Banten. Jika jumlah TPS ada 10.467 maka pengawas TPS yang disebar juga jumlahnya sama,” katanya.


Pengawas TPS, kata dia, diharapkan bisa menekan potensi kecurangan. Sebab potensi kecurangan disebut sering bermula dari tingkat TPS. Sehingga pengawas TPS akan memantau jalannya pemungutan suara pada hari pemilihan kepala daerah.

 Lebih lanjut dikatakan Didih, agar pengawasan semakin ketat pihaknya juga akan memberlakukan patroli pengawasan. Patroli pengawasan akan bergerak mulai H-3 pemungutan suara untuk mencegah terjadinya pelanggaran jelang hari H seperti politik uang.
 
“Kita sudah atur jadwal dan personel yang akan melakukan patrol di setiap wilayah di empat kabupaten/kota. Patroli ini akan dilaksanakan secara serentak mulai tanggal 24 Juni 2018,” ungkap mantan Ketua Komisi Transparansi dan Partisipasi Kabupaten Lebak ini.


Sementara itu, Koordinator Divisi Organisasi dan SDM Bawaslu Provinsi Banten Ali Faisal merinci, adapun pembagian 10.467 pengawas TPS terdiri atas Kota Serang 966 orang dan Kota Tangerang 3.091 orang, Kabupaten Tangerang 4.513 orang, serta Kabupaten Lebak 1.897 orang.
 
"Pengawas TPS menjadi komponen di TPS dan kami sudah siapkan itu. Total keseluruhan untuk pengawas TPS di Provinsi Banten sebanyak 10.467," tutur mantan komisioner KPU Kota Serang ini. (dewa)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook