Disdukcapil dan Dindikbud Buka Loket Khusus PPDB

nurul roudhoh   |   Metro Tangerang  |   Jumat, 22 Juni 2018 - 14:46:03 WIB   |  dibaca: 339 kali
Disdukcapil dan Dindikbud Buka Loket Khusus PPDB

DAFTAR : Loket khusus PPBD yang dibuka Dindikbud Tangsel di Kantor Disdukcapil Tangsel, Cilenggang, Serpong, Rabu (20/6) lalu.

KOTA TANGSEL- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) membuka loket khusus untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPBD) di Kantor Disdukcapil, Cilenggang, Serpong, Rabu (20/6) lalu.


“Loket khusus ini dibuka untuk persiapan PPDB online, masyarakat yang mau mengecek atau updating Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang belum terdaftar bisa langsung datang untuk memproses di kantor Disdukcapil,” ungkap Kepala Disdukcapil Tangsel, Dedi Budiawan.


Dedi mengatakan, hari libur ini dibuka untuk memudahkan masyarakat dalam proses pengurusan sistem PPDB Online ini. “Kamis (21/6) pun Disdukcapil membuka satu loket khusus untuk mengurus updating data KK, mereka kita bantu dengan mudah,” katanya.


Ia menambahkan, pembukaan loket ini merupakan inisiatif Disdukcapil dan Dindikbud dalam mengantisipasi legalisir KK yang kerap membeludak saat PPDB berlangsung, sehingga loket ini akan bekerja sekara intensif diikuti dengan beberapa staf operator yang siap melayani masyarakat.


"Pelayanan kependudukan memang harus bekerja ekstra. Hari ini kami membuka beberapa loket dan beberapa pekerja untuk melayani masyarakat. Sehingga besok jumlah permintaan NIK pada KK tidak ricuh," jelas mantan Camat Ciputat.


Dia menambahkan, sampai saat ini masih banyak ditemukan berbagai kesalahan dan perubahan pada KK yang dimiliki masyarakat. Padahal, lanjut Dedi, Disdukcapil kerap menyosialisasikan keterkaitan pembaruan data pada KK.


"Sekaligus pengingat juga jika masyarakat harus rajin dan peka dalam pembaruan data di KK, supaya pada saat diperlukan tidak panik dan tidak perlu khawatir. Karena datanya memang baru," ujarnya.


Dedi juga memastikan jika loket khusus PPDB akan dibuka sampai periode PPDB selesai. Untuk di Disdukcapil sendiri, masyarakat hanya perlu mendaftarkan diri di loket yang sudah dilabeli khusus mengurus PPDB.Kemarin, Rabu (20/6) sebanyak 60 warga datang untuk melakukan updating data KK dan pengecekan NIK serta legalisir.


Sementara itu, Kepala Dindikbud Tangsel, Taryono menjelaskan, pengecekan NIK dan updating KK dibuka karena pada Kamis (21/6) kemarin, penerimaan PPDB online tingkat SMA dibuka. “Kita buka karena untuk mempermudahkan masyarakat yang ingin mengupdating kk untuk masuk ke SMA/SMK,” katanya saat ditemui di Kantor Disdukcapil.


Menurut Taryono, tidak hanya melayani dalam bentuk persyaratan di bidang kependudukan yang memang wajib dimiliki oleh siswa nantinya. Namun, banyak juga orang tua yang bertanya mengenai proses ini bisa berlanjut dan berjalan, seperti yang diketahui bahwa saat ini sistem penerimaan mengikuti sistem sebelumnya, yakni zonasi.


"Sehingga masyarakat harus tahu, tempat tinggal sesuai KK-nya itu masuk ke zona mana. Masuk ke kecamatan mana. Meskipun sudah banyak yang menerima sosialisasi semacam ini. Tapi tetap harus diingatka," kata mantan Sekretaris Dinas Perhubungan itu.


Taryono pun menjelaskan, cara PPDB untuk SMP sosialisasi dilakukan dari Mei hingga 3 Juli 2018, pendaftaran dilakukan pada 2-4 Juli, pengumuman pada 9 Juli, daftar ulang PPDB pada 10-12 Juli, laporan pengisian kekosongan pada 12 juli, pendaftaran pengisian kekosongan pada 13 Juli, pengumuman pengisian kekosongan pada 14 juli, Tahun pelajaran baru pada 16 Juli, dan pengenalan lingkungan sekolah pada 16-18 Juli. (*/marjuki)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook