Banyak Orangtua Siswa Salah Isi PPDB

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Sabtu, 23 Juni 2018 - 12:48:24 WIB   |  dibaca: 2228 kali
Banyak Orangtua Siswa Salah Isi PPDB

SIBUK : Operator memantau grafik server PPBD online di kantor Dinas Komunikasi Informatika (Statistik dan Persandian Banten di Kawasan Pusat Pemerintah Provinsi Banten, kemarin.

SERANG – Sekretaris Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online Teddy Rukman mengungkapkan bahwa banyak sekali orangtua siswa yang salah mengisi formulir PPDB secara online.


Teddy mencontohkan, banyak orangtua siswa yang daftar ke SMA, namun mengklik SMK. Tidak hanya itu, ada juga warga kabupaten, namun mendaftarkan anaknya di kota. “Sudah jelas jika hal tersebut terjadi, maka sekolah yang dipilih tidak ada di dalam daftar,” katanya.


Dalam kesempatan itu, Teddy juga mengimbau kepada orangtua siswa untuk tidak percaya terhadap oknum yang mengaku bisa memasukkan siswa ke sekolah yang diinginkan dengan menyetorkan sejumlah uang.


“Sesuai arahan Pak Gubernur dan Wakil Gubernur Banten, bahwa penerimaan siswa baru ini lebih pada nilai evaluasi murni (NEM) dengan menggunakan system perangkingan,” tambahnya.


Ketua Panitia penerimaan peserta didik baru (PPDB) Online Joko Waluyo mengatakan, hari kedua, siswa yang mendaftar PPDB online sudah mencapai 55 ribu.PPDB online pada hari kedua juga relatif lancar.

Adapun antrean panjang yang terjadi di sejumlah sekolah, kata Joko, disebabkan adanya proses verifikasi data melalui tatap muka antara tim verifikasi dengan orangtua siswa. “Tapi kami sudah mengeluarkan kebijakan untuk menekan antrean panjang tersebut, dengan mengeluarkan kebijakan bahwa proses verifikasi cukup dengan melakukan pencocokan antara foto kopi data dengan aslinya,” kata Joko.


Syaufi Muchtadin, Wakil Kepala SMAN 3 Kota Serang Bidang Humas mengatakan, pada hari kedua pendaftaran PPDB online berjalan cukup baik. “Sudah banyak calon siswa baru, yang didampingi orang tuanya untuk memverifikasi data yang sudah diinput secara online di sekolah,” katanya.


Lanjutnya Syaufi menceritakan, tadi malam banyak walimurid yang input data secara online pada pukul 00.00 WIB, bahkan ada juga yang input data secara online pukul 03.00 WIB dini hari. “Sehingga hari ini (kemarin -red) sudah ok dan sudah bisa diverifikasi datanya,” tuturnya.


Ditanya soal kuota siswa baru, Syaufi mengatakan, kuota siswa baru di SMAN 3 Kota Serang sekitar 432 orang siswa-siswi, sesuai jumlah yang diajukan pihak sekolah. “Dari jumlah siswa baru yang ada dibagi dalam 12 kelas, masing-masing sekitar 36 orang siswa-siswi perkelasnya,” ujarnya.


Syaufi berharap, pendaftaran PPDB online pada tahun ini lebih baik dari pada tahun kemarin. “Baik dari pelaksanaannya yang lancar dan tidak lagi terjadi kendala yang tidak diinginkan,” ujarnya.


Ditempat yang berbeda, harapan serupa juga diutarakan Agus Dahyar, Panitia PPDB Online SMAN 1 Kota Serang, “Berharap PPDB online tahun ini, bisa belajar dari pengalaman tahun lalu, tahun ini PPDB online semoga bisa berjalan dengan baik,” katanya. (satibi/mg-basyar)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook