Stok Darah PMI Minim

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Senin, 25 Juni 2018 - 13:09:15 WIB   |  dibaca: 215 kali
Stok Darah PMI Minim

DAFTAR PERMOHONAN : Seorang warga sedang melakukan pendaftaran permohonan darah di UTD PMI Kabupaten Lebak, Minggu (24/6).

RANGKASBITUNG - Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lebak mengalami krisis darah karena stok persediaan darah kurang dari 100 kantong dari kebutuhan 1.000 kantong perbulannya.

Terjadinya krisis diakibatkan dari menurunnya jumlah pendonor saat memasuki bulan Ramadan dan libur lebaran Idul Fitri 1439 Hijriyah."Kondisi stok darah di UTD PMI alami krisis. Untuk semua jenis golongan darah," kata Sekretaris UTD PMI Kabupaten Lebak Ade Sunandar kepada Banten Raya, Minggu (24/5).


Menurut Ade, krisis terjadi karena meningkatnya permintaan pasien akan darah, sedangkan jumlah pendonor mengalami penurunan. "Memasuki bulan Ramadan dan libur lebaran minim pendonor dan kegiatan donor darah, sehingga membuat stok menipis," tuturnya.


Ade menjelaskan, menipisnya stok darah  menjadikan UTD PMI berupaya maksimal mencari darah. Melalui kerjasama antar UTD itu untuk mencari donatur darah dan meminta darah dari keluarga pasien. "Jika saat krisis begini maka tidak ada pilihan lain kita meminta kepada keluarga pasien untuk melakukan donor darah sesuai kebutuhan pasien," jelasnya.


Ade berharap, kepada masyarakat Lebak agar ikut andil membantu mengamankan stok darah, setetes darah yang diberikan akan membantu menyelamatkan nyawa pasien. "Tidak hanya membantu menyelamatkan nyawa sesama tetapi juga membuat tubuh menjadi lebih sehat dan lebih segar," ucapnya.


Jumadi, Warga Sajira menuturkan, pasca istrinya melahirkan di RSUD Adjidarmo membutuhkan transfusi darah. "Dalam semalam menghabiskan satu kantung dan pagi ini membutuhkan satu kantung lagi, namun stoknya keburu habis, jadi diminta melakukan donor darah," tuturnya.


Jumadi mengatakan, pada saat ini pihaknya tengah menunggu kedatangan saudaranya. "Sebab, kalau dirinya tidak layak karena semalaman begadang jadi tensinya rendah. Mudah-mudahan sodaranya lebih sehat dan darahnya bisa diambil, dan lebih berharap lagi ada warga lain yang sehat yang mendonorkan darah karena lebih cepat lebih baik," katanya. (purnama)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook