4 Orang Tewas, Macet Masih Terjadi

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Selasa, 26 Juni 2018 - 14:18:39 WIB   |  dibaca: 180 kali
4 Orang Tewas, Macet Masih Terjadi

EVALUASI : Suasana rapat koordinasi arus balik dan mudik Lebaran di Aula Mapolres Pandeglang, Senin (25/6).

PANDEGLANG - Rapat kordinasi evaluasi arus mudik dan balik Lebaran 2018 digelar Polres Pandeglang di Aula Mapolres Pandeglang, Senin (25/6). Hadir dalam rapat tersebut, Bupati Pandeglang Irna Narulita.


Kapolres Pandeglang, AKBP Indra Lutrianto Amstono menuturkan, pihaknya mencatat pengamanan arus mudik dan liburan Lebaran tahun ini relatif aman dan kondusif. Jumlah kecelakaan lalu lintas pun tidak mengalami perubahan.


berdasarkan data, jumlah kecelakaan lalulintas pada arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri tahun ini tercatat sebanyak empat pengendara. Jumlah ini sama seperti tahun 2017 lalu.
”Secara keseluruhan pengamanan Lebaran Idul Fitri dan liburan tahun ini aman terkendali. Jumlah lakalantas selama Lebaran juga statistiknya sama seperti tahun lalu, yakni delapan kasus, dengan menelan empat korban jiwa,” tegas kapolres, usai rapat.


Menurut kapolres, keccelakaan lalulintas didominasi oleh kendaraan roda dua, dengan penyebab utama banyaknya pengendara yang kurang disiplin dalam menerapkan aturan lalu lintas. "Rata-rata disebabkan pengendaran yang tidak mematuhi lalu lintas. Kemudian gangguan kriminalitas juga menurun. Kecelakaan di area wisata juga tidak ada," katanya.


Kapolres menjelaskan, keberhasilan pengamanan arus mudik yang kondusif ini merupakan upaya seluruh stakeholder atau pemangku kepentingan dan pengendara, sehingga menurunnya angka kecelakaan juga tidak terlepas dari kerjasama antara pengendara, dan pihak kepolisian dalam memberikan imbauan kepada masyarakat."Kami juga berharap pengendara bisa terus mematuhi aturan lalu lintas. Ini untuk mencegah terjadi kecelakaan lalu lintas," harapnya.


Hanya saja, kapolres mengakui, tingkat kemacetan masih menjadi persoalan di Pandeglang dalam menghadapi musim liburan. Hal itu disebabkan kondisi infrastruktur yang belum memadai, sehingga menghambat laju kendaraan. "Kondisi jalan di Pandeglang cukup sempit. Ini menghambat laju kendaraan. Tetapi tidak sampai berhenti. Hanya pelambatan kendaraan saja, dan kemacetan tahun ini tidak separah tahun lalu," terangnya.


Kepala Dinas Pehubungan (Dishub) Pandeglang, Dadan Tafif Danial mengklaim, pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran tahun ini lebih baik dari tahun lalu. Pihaknya tidak menemukan persoalan yang berarti. Hal itu disebabkan, jadwal liburan yang lebih panjang, sehingga kepadatan dapat terurai.

"Dari sisi lalu lintas, namanya Lebaran biasalah kalau macet. Tetapi, kita sudah turunkan semua petugas untuk mengatur. Kami kira tahun ini lebih baik dari tahun lalu. Lalu lintas lebih lancar karena memang tahun ini jadwal libur lebih panjang," tuturnya. (yanadi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook