RSUD Kota Serang Mulai Beroperasi

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Selasa, 26 Juni 2018 - 15:10:26 WIB   |  dibaca: 1213 kali
RSUD Kota Serang Mulai Beroperasi

MULAI BEROPERASI : Walikota Serang Tb Haerul Jaman menggunting pita sebagai tanda telah diresmikannya RSUD Kota Serang untuk dapat melayani pasien, Senin (25/6).

SERANG- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Serang mulai hari ini sudah beroperasi melayani pasien. Meski demikian, rumah sakit ini belum bisa melayani penanganan operasi, karena keterbatasan ruangan dan peralatan.

“Besok kalau ada yang berobat sudah bisa dilayani,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang Toyalis usai soft launching RSUD Kota Serang yang berlokasi di Kecamatan Cipocok Jaya tersebut, Senin (25/6).

Toyalis mengatakan bahwa tenaga kesehatan sudah ada dan obat-obatan juga telah ada, sehingga tidak ada alasan pelayanan tidak dapat dilakukan. Selain itu ada juga poli dalam, poli anak, poli gigi, THT, mata, kandungan, dan poli umum. Sampai saat ini ruang rawat inap baru ada 60 yang terbagi ke dalam tiga lantai.

Sementara 3 tempat tidur di antaranya sementara digunakan untuk UGD karena belum adanya UGD.“Tahun ini insya Allah UGD akan dibangun. Sudah ada anggaran Rp 19 miliar lebih untuk membangu UGD, ruang operasi, dan ipal,” katanya.

Terkait tarif rumah sakit, Toyalis mengatakan bahwa sampai saat ini belum ada peraturan daerah (perda) tentang rumah sakit yang menjelaskan mengenai tarif. Karena itu untuk sementara tarif yang akan dikenakan mengacu pada perda puskesmas.

Dalam perda itu tarif pendaftaran hanya Rp 5 ribu. Meski demikian ia mengaku sudah mengusulkan draf perda ke Bagian Hukum Pemkot Serang.“Tapi untuk tarif ini harus (diatur) dengan perda tidak cukup dengan perwal,” ujarnya.

Diketahui, soft launching RSUD Kota Serang secara simbolis dilakukan oleh Walikota Serang Tb Haerul Jaman dengan pengguntingan pita di pintu masuk RSUD. Dalam kesempatan itu, Jaman berharap dengan telah beroperasinya rumah sakit daerah ini dapat membantu masyarakat, khususnya warga Kota Serang untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik.

Jaman juga meminta direktur RSUD agar terus memperbaiki pelayanan, sehingga pelayanan yang diberikan akan terus membaik. “Kami ingin masyarakat Kota Serang sehat,” katanya.

Jaman menyatakan bahwa memang sarana prasarana rumah sakit belum sepenuhnya lengkap. Meski masih banyak yang harus dibangun dan dilengkapi, di antaranya UGD dan ruang operasi. Meski demikian ia mengaku sudah menganggarkan anggaran tahun ini dan saat ini sedang dalam tahap lelang.“Untuk sekarang kita manfaatkan bangunan yang sudah jadi karena kalau terbengkalai khawatir rusak,” ujarnya.

Jaman menyatakan bahwa dibangunnya RSUD Kota Serang selain karena merupakan janjinya saat kampanye dulu, juga karena dari 9 rumah sakit yang ada di Kota Serang belum bisa melayani masyarakat yang ingin berobat. Karena itu masih kerap ditemui banyak masyarakat yang berobat dengan antre.“Mudah-mudahan dengan adanya RSUD Kota Serang bisa mempercepat pelayanan kesehatan,” tuturnya.

Direktur RSUD Kota Serang A Hasanudin mengatakan bahwa RSUD yang baru dibuka ini ibarat bayi yang belum bisa banyak yang dilakukan, dan karena itu pelayanan masih terbatas. Meski demikian seiring berjalannya waktu ia yakin akan ada banyak perbaikan. Karena itu ia juga meminta bantuan anggaran guna melengkapi fasilitas yang belum ada.


“Di kita ada dokter spesiali penyakit dalam, spesialis bedah 2 orang, spesialis kebidanan, spesialis THT, sepesialis mata, spesialis anak, dan anastesi. Untuk rumah sakit tipe C minimal ada 4 dokter spesialis tapi di kita sudah lebih,” katanya.Seperti yang diharapkan Walikota Serang Tb Haerul Jaman kepadanya Hasan mengatakan akan terus melakukan pembenahan dan perbaikan agar pelayanan bisa lebih baik. (tohir)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook